Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI SMP NEGERI 1 BOJONEGARA

DINI YANTI AL-FITRIYAH, RIMA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI SMP NEGERI 1 BOJONEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI SMP NEGERI 1 BOJONEGARA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Guide Note Taking (GNT) terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 1 Bojonegara. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group only. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Bojonegara kelas VIII semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bojonegara. Sampel penelitian yaitu VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII G sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil data menggunakan uji t dengan taraf kepercayaan 95% diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata- rata kemampuan kognitif siswa pada kelas kontrol sebesar 60 dengan kategori cukup dan pada kelas eksperimen sebesar 72 dengan kategori baik. Nilai rata-rata kemampuan afektif siswa pada kelas kontrol sebesar 68 dengan kategori baik dan pada kelas eksperimen sebesar 88 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata kemampuan psikomotor siswa pada kelas kontrol sebesar 65 dengan kategori baik dan pada kelas eksperimen sebesar 80 dengan kategori sangat baik, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guide Note Taking (GNT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pernapasan di SMPN 1 Bojonegara.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUtari, EnggarUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, IndriaUNSPECIFIED
Additional Information: The research aimed to observe the influence of Guide Note Taking (GNT) Model towards student’s learning outcomes in the concept of respiratory system at 8’th grade classes of SMPN 1 Bojonegara. This research was a quasi experiment with randomized control group design only. The research was conducted in SMPN 1 Bojonegara at 8’th grade classes in even semester of 2017/2018. The population of the research was all students at 8’th grade classes of SMPN 1 Bojonegara. The sample of the research was VIII F as controlled class and VIII G as experimental class with the technique of simple random sampling. Data collection technique used tests, observation and documentation. The results of data analysis were obtained significance value 0,000 < 0,05 at 95% reliability t test. It indicated that there were a difference between controlled and experimental classes. The average of student’s learning cognitive result on controlled class was 60 with the category of satisfactory and on experimental class was 72 with the category of good. The average of student’s learning affective result on controlled class was 68 with the category of good and on experimental class was 88 with the category of very good. The average of student’s learning psychomotor result on controlled class was 68 with the category of good and on experimental class was 88 with the category of very good. Therefore it can be conclude that there was influence of Guide Note Taking (GNT) learning model toward student learning outcomes in the concept of respiratory system at 8’th grade classes of SMPN 1 Bojonegara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:24
Last Modified: 22 Nov 2021 12:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8813

Actions (login required)

View Item View Item