Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Studi Eksperimen siswa kelas VI SDN Sukajadi Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang)

NUR UTAMI, MELANI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Studi Eksperimen siswa kelas VI SDN Sukajadi Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN SUKAJADI 1~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengtahui perbedaan pemahaman konsep belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning(DL)dengan yang menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT ) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Sukajadi 1 Kecamatan Carita. (2)Untuk mengetahui model pembelajaran Discovery Learning(DL) dengan model model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT ) dalam pemahaman konsep belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Sukajadi 1 Kecamatan Carita. penelitian ini adalah kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa to = -9,628 dan p = 0,000 (p<0,05) berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara dan Pos-test pada kelompok eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa to = - 11,896 dan p = 0,000 (p<0,05) berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis ketiga terbukti kebenarannya hal ini menunjukkan motivasi awal t o = -0,643 dan p = 0,523; motivasi akhir to = 3,255 dan p = 0,002 (p < 0,05) berarti hal ini menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TGT dan metode ceramah terdapat perbedaan. Berdasarkan uji hipotesis keempat tidak terbukti kebenarannya hal ini menunjukkan pre-test to = 1,298 dan p = 0,201; post-test t o = 2,991 dan p = 0,005 (p<0,05) berarti hal ini menunjukkan bahwa rata-rata post-test baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to find out: (1) To know the difference in understanding of learning concepts of students using the Discovery Learning (DL) learning model by using the Teams Game Tournament (TGT) learning model on social studies subjects in fifth grade Sukajadi 1 Elementary School, Carita District. (2) To find out the learning model of Discovery Learning (DL) with the Teams Game Tournament (TGT) learning model model in understanding the concept of social studies learning in fifth grade students of Sukajadi 1 Elementary School, Carita District. this research was experimental class (VA) and control class (VB). The technique used to analyze the data is the normality test, homogeneity test, hypothesis test (t-test). The results of the study on the first hypothesis test showed that to = -9,628 and p = 0,000 (p <0,05) means that there is a very significant difference between the Post-test in the experimental group. Based on the second hypothesis test shows that to = -11,896 and p = 0,000 (p <0,05) means there are significant differences between the average pre-test and post-test in the experimental group. Based on the third hypothesis test, this is proven to be true, indicating initial motivation t o = -0,643 and p = 0.523; final motivation to = 3.255 and p = 0.002 (p <0.05) means that this indicates that the average student learning motivation using the TGT learning method and the lecture method are different. Based on the test of the fourth hypothesis, it is not proven that this shows the pre-test to = 1.289 and p = 0.201; post-test t o = 2.991 and p = 0.005 (p <0.05) means that this indicates that the post-test average for both the experimental group and the control group is different.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:22
Last Modified: 22 Nov 2021 12:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item