DWI AYUNI, NOVI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS DENGAN TEKA TEKI LUDO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA KONSEP KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS DENGAN TEKA TEKI LUDO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA KONSEP KOLOID.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pelajaran kimia di SMK merupakan mata pelajaran adaptif dengan tujuan menjadi dasar bagi peserta didik untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan program keahlian. Adapun prestasi belajar siswa SMK disalah satu kota Serang pada pelajaran kimia masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar kimia melalui penerapan pembelajaran berbasis konteks dengan teka teki ludo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel penelitian merupakan siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan 1 dan XI Teknik Mesin 6 SMKN 2 Kota Serang. Instrumen penelitian menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang valid dan reliabel. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik yang meliputi n-gain, independet t test dan effect size. Hasil penelitian menunjukan nilai n-gain kelas eksperimen (0,531) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,390). Uji independent t test diperoleh nilai sig.2 tailed sebesar 0,000 yang berarti bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol dengan kategori tinggi yang dibuktikan dengan effect size (0,95). Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar siswa pada konsep koloid dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis konteks dengan teka teki ludo.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Context-based learning with ludo puzzle can be a solution to overcome the low chemistry learning outcomes. This study aims to look at the learning outcomes of vocational students on the concept of colloid can be better to use context-based learning models with ludo puzzle. The study used quasi experiment with the pretest-posttest control group design. The research sample was class XI students techniques building 1 and XI techniques techniques engineering 6 of the Serang 2 Vocatinal high school. The research intrument used multiple choice test questions as many as 30 items that have tested validity and reability. N-gain values show the exerimental class (0,531) is higher than the control class (0,390). Independent t test obtained the value of sig 2 tailed at 0,000 which means that there are differences in the average value in the experiental class and control and the ES value of 0,95 with a high category. This study is that student learning outcomes on the concept of colloids can be better by using context-based learning models with ludo puzzle. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 12:17 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 12:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8810 |
Actions (login required)
View Item |