Noeralifa, Azrina (2019) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu sebesar 71,74% dengan kriteria baik (aktif). Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata- rata post-test setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada nilai rata-rata pre-test sebelum diterapkannya model pembelajaran (83,07>39,75) serta didukung dengan hasil uji N-Gain sebesar 0,69 yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium real berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi redoks dengan hasil uji hipotesis (uji-t) 0,000.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aims to determine how the application of guided inquiry learning models using on student learning activities and outcomes. The population of this study was students of class X MIA consisting of 2 classes with a total of 60 students. This research is a type of quasi-experimental research and uses purposive sampling methods. The results showed that the average activity of the experimental class students was better than the control class, which was 71.74% with the criteria of good (active). Student learning outcomes show the average post-test value after using the guided inquiry learning model is better than the pre-test average value before the learning model is applied (83.07>39.75) and supported by the N-Gain test results of 0,69 which shows that students' understanding of the material increases with the medium category. Based on the results of the study, it can be concluded that the guided inquiry learning model using a real laboratory affects the activities and student learning outcomes in redox material with the results of hypothesis testing (t-test) 0,000. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 12:06 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 12:06 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8803 |
Actions (login required)
View Item |