Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID

Alija Izetbigovic, Muhammad (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada konsep koloid menggunakan model pembelajaran discovery learning. Metode pada penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Kota Serang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2. Instrumen penelitian ini berupa RPP dan LKPD untuk instrumen perlakuan, serta soal pretest dan postest untuk instrumen pengukuran. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji N-gain dan uji statistik dengan mengguakan paired-sample t-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan generik sains siswa pada materi koloid setelah diterapkannya model discovery learning. Hasil uji N-gain yang diperoleh nilai sebesar 0.44 untuk indikator inferensi logika, 0.41 untuk indikator membangunn konsep, 0.47 untuk indikator hukum sebab akibat, dan 0.38 untuk indikator pengamatan tidak langsung. Hasil uji statistik menggunakan uji t paired sample yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan generik sains siswa pada konsep koloid dengan menggunakan model discovery learning

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSolfarina, SolfarinaUNSPECIFIED
Thesis advisorLangitasari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to improve students' generic science skills on the concept of colloid using discovery learning as a learning models. The method of this study used pre- experimental method and the research design was one group pretest posttest. The population of this study were all students of class XI MIA at SMA 4 Kota Serang in the academic year 2018/2019. The sample of this study were students of class XI MIA 2. The instrument of this study used RPP and LKDP for processing instrument and used pretest and posttest for measuring instrument. Data were analyzed using N-gain test and statistical test by using paired-sample t- test with a significance level of 0.05. The results of the research that have been conducted showing that there is an increase in students' generic science skills after applied the discovery learning models. It is proved by the analysis of generic science skills with the N-gain test which obtained about 0.44 for logic inference indicators, 0.41 for the indicators of constructing concepts, 0.47 for legal indicators of causality, and 0.38 for indirect observation indicators. The results of statistical tests using paired sample t test which shows that there is an increase in generic science skills of students in the concept of colloid by using discovery learning models.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:04
Last Modified: 22 Nov 2021 12:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item View Item