Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT ANEKA KERAJINAN TANGAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IX SMP DI SKH NEGERI 01 KOTA SERANG (Studi Eksperimen Membuat Tempelan Kulkas dan Gantungan Kunci pada Siswa Tunagrahita Kelas IX SMP di SKh Negeri 01 Kota Serang)

Galura Taqwa, Delta (2019) PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT ANEKA KERAJINAN TANGAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IX SMP DI SKH NEGERI 01 KOTA SERANG (Studi Eksperimen Membuat Tempelan Kulkas dan Gantungan Kunci pada Siswa Tunagrahita Kelas IX SMP di SKh Negeri 01 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT ANEKA KERAJINAN TANGAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IX SMP DI SKH NEGERI 01 KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang penerapan model direct instruction dalam meningkatkan keterampilan membuat aneka kerajinan tangan (tempelan kulkas dan gantungan kunci) pada siswa tunagrahita. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one-grup pre-test post-test. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil pretest atau sebelum diberikan perlakuan/treatment, saat perlakuan/treatment dan posttest atau setelah diberikan perlakuan/treatment. Pengolahan data penelitian menggunakan perhitungan statistik non parametris melalui uji wilcoxon. Penelitian menunjukkan model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan membuat aneka kerajinan tangan (tempelan kulkas dan gantungan kunci) pada siswa tunagrahita. Hal itu dapat ditujukkan dengan adanya peningkatan pada skor pretest tempelan kulkas yang terendah yaitu 51 (68%) dan tertinggi yaitu 56 (74 %) dari 15 butir indikator dan skor posttest terendah yaitu 56 (74%) dan tertinggi 63 (84%). Sedangkan untuk gantungan kunci dapat ditujukkan dengan adanya peningkatan pada skor pretest yang terendah yaitu 51 (68%) dan tertinggi yaitu 58 (77 %) dari 15 butir indikator dan skor posttest terendah yaitu 58 (77%) dan tertinggi 64 (85%).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorYudha Pratama, ToniUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to obtain data and information on the application of the direct instruction model in improving the skills of making various crafts (patch refrigerators and key chains) on students mental retardation. This study is an experiment by using one-design research group pretest posttest. The collection of research data obtained from the results of a pretest or before the given treatment/treatment, during treatment/treatment and posttest or after being given the treatment/treatment. Data processing using statistical calculation research of non parametris through the wilcoxon test. Research shows the direct instruction model can improve the skills of making various crafts (glue refrigerators and key chains) on students ' mental retardation. It can be attempted with the improvement on the pretest score lowest IE 51 (68%) and the highest IE 56 (74%) of 15 grains of posttest and score the lowest indicators i.e. 56 (74%) and the highest 63 (84%). As for the key chain can be attempted by having increased at a low pretest scores i.e. 51 (68%) and the highest 58 (77%) i.e. from 15 grains of posttest and score the lowest indicators i.e. 58 (77%) and the highest 64 (85%).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:03
Last Modified: 22 Nov 2021 12:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item