Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI DRAMA DI KELAS VIII SMPN 17 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2017/2018

DONO SAPUTRO, WIJIL (2019) PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI DRAMA DI KELAS VIII SMPN 17 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI DRAMA DI KELAS VIII SMPN 17 KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran apresiasi drama dengan menggunakan metode Student Facilitator and explaining terhadap hasil belajar apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang, (2) mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran apresiasi drama dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang, dan (3) Mengetahui perbedaan pembelajaran apresiasi drama dengan menggunakan Student Facilitator and explaining dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tingkat apresiasi drama. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar apresiasi drama yang menggunakan metode Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas eksperimen mempunyai hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar apresiasi drama, yakni nilai tes yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 100 dan nilai rata - rata di kelas eksperimen adalah 93, (2) Hasil belajar apresiasi drama yang menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes di kelas kontrol adalah 90 dan nilai rata-rata tes di kelas kontrol adalah 85, (3) Dari hasil perhitungan t hitung adalah 1.918, apabila dikonsultasikan pada t tabel yaitu 1.676 dapat dinyatakan bahwa 1.918 > 1.676 maka t hitung > t tabel: sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, ada perbedaan hasil belajar apresiasi drama antara kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, TatuUNSPECIFIED
Thesis advisorTisnasari, SundawatiUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to: (1) describe the effect of applying drama appreciation learning by using Student Facilitator and explaining methods on drama appreciation learning outcomes of class VIII students of SMP Negeri 17 Kota Serang, (2) describing the effect of applying drama appreciation learning using demonstration methods on results drama appreciation learning for class VIII students of SMP Negeri 17 Kota Serang, and (3) Knowing the difference in drama appreciation learning by using Student Facilitator and explaining and demonstration methods on drama appreciation learning outcomes of class VIII students of SMP Negeri 17 Kota Serang. This study included quantitative research by using a descriptive approach. Research subjects of class VIII SMP Negeri 17 Kota Serang 2017/2018 school year. The sample of this study was class VIII A as the experimental class and class VIII D as the control class taken by cluster random sampling technique. The data collection technique uses a test of the drama's appreciation level. Test the validity of the instrument using the content validity test, while the reliability test uses alpha coefficient. The results of the study showed that: (1) the drama appreciation appreciation results using the Student Facilitator and Explaining method in the experimental class students had better results than before. This can be seen from the drama appreciation learning results, namely the test scores obtained by students in the experimental class are 100 and the average value in the experimental class is 93, (2) The drama appreciation appreciation results using demonstration methods in control class students are lower than with the experimental class. This can be seen from the test results in the control class is 90 and the average test value in the control class is 85, (3) From the calculation of t count is 1.918, if consulted on t table that is 1.676 can be stated that 1.918> 1.676 then t count> t table: so Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, there are differences in drama appreciation learning outcomes between control classes, namely classes using the demonstration method.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 11:56
Last Modified: 22 Nov 2021 11:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item View Item