Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP SENYAWA KARBON

Sanjaya, Sanjaya (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP SENYAWA KARBON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP SENYAWA KARBON.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Keterampilan proses sains sangat penting bagi setiap siswa sebagai bekal untuk menggunakan metode ilmiah dalam mengembangkan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada konsep senyawa karbon. subjek pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa pada kelas kontrol dan 30 orang siswa pada kelas eksperimen. Untuk mengukur perkembangan keterampilan proses sains siswa digunakan instrumen tes uraian dan lembar kerja siswa (LKS). Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain non eqivalent control group design. Pada analisis tahap akhir, pengujian hipotesis menggunakan uji t independent sample test. Skor rata-rata post-test kelas ekperimen sebesar 73,46 dan kelas kontrol sebesar 44,7. Dari hasil analisis data, diketahui adanya perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dengan keterampilan proses sains siswa kelas kontrol. Ukuran besar pengaruh di ukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 90% perkembangan keterampilan proses sains siswa dipengaruhi oleh metode pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Maka dapat disimpulkan metode pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa dengan aspek keterampilan proses sains tertinggi yaitu merancang percobaan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNamirah, IrahUNSPECIFIED
Thesis advisorNursa’adah, EuisUNSPECIFIED
Additional Information: Science process skill is very important for student as their provisions for using scientific method in developing of science. This research aims to develop student’s science skill through applying practical guided-inquiry basic to carbon compound. Subject of this research are 30 student’s in control class and 30 student’s in experimental class. To measure development of student’s process skill the instrument used are essay and student worksheet (LKS). This research using quasi-experiment method with equivalent control group design. In the last analysis, testing hypothesis using independent sample t-test. Average score of posttest in experimental class is 73.46 and in control class is 44.7. from the result of data, aware significant different between experimental and control class science process skill. The size of influnce is measured based on effect size calculation. Result of research show that in experimental class reap 90% development of science process skill influenced by learning method of practical guided-inquiry basic. The writer can conclude that learning method of practical guided-inquiry basic can increase student’s science process skill with the highest aspect of science skill is plan specimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 11:54
Last Modified: 22 Nov 2021 11:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8797

Actions (login required)

View Item View Item