Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 5 KOTA SERANG

Yunita Sari, Dwi (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 5 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 5 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This aims of this research was to find the application of Brainstorming learning methods to critical thinking skills of class XI students in Serang 5 Public High School Academic Year 2018/2019. This research used quasi-experimental. The sampel was taken through purposive sampling technique. Retrieval of sample data was carried out in March-April 2019. Data on critical thinking skills were obtained from the pretest and posttest of the control class and the experimental class. Data analysis using t-test. Based on the results of the study, it shows that there are differences in critical thinking skills between students who use the Brainstorming learning method and students who use conventional learning methods. The results of data analysis can be seen from the one-party test with α = 0.05 which is 1.44> -2.64, then Ho is rejected and Hα is accepted. Critical thinking skills that use Brainstorming learning methods are better than critical thinking skills of students who use conventional learning methods. The results of data analysis can be seen from the difference test on average (t-test) of one party with α = 0.05 which is 1.44> -2.64, then Ho is rejected and Hα is accepted. Then it can be concluded that the critical thinking ability of students who use the Brainstorming method is better than the critical thinking skills of students who use conventional methods.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNurhasanah, AnaUNSPECIFIED
Thesis advisorRibawati, EkoUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Pengambilan data sempel dilaksanakan pada bulan Maret-April 2019. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari pretest dan postest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji-t. Bedasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis data dapat dilihat dari uji satu pihak dengan α = 0,05 yaitu 1,44 > -2,64, maka Ho ditolak dan Hα diterima. Kemampuan berpikir kritis yang menggunakan metode pembelajaran Brainstorming lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis data dapat dilihat dari uji perbedaan rata-rata (uji-t) satu pihak dengan α = 0,05 yaitu 1,44 > -2,64, maka maka Ho ditolak dan Hα diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan metode Brainstorming lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan metode konvensional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 11:52
Last Modified: 22 Nov 2021 11:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item