Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE FONIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SDN CITEREP WALANTAKA (Penelitian Kualitatif Deskriptif di SDN Citerep Kecamatan Walantaka Kota Serang Banten)

Sulistyani, Utari (2019) PENERAPAN METODE FONIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SDN CITEREP WALANTAKA (Penelitian Kualitatif Deskriptif di SDN Citerep Kecamatan Walantaka Kota Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE FONIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SDN CITEREP WALANTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Di SDN Citerep masih ditemukan anak-anak sekolah dasar di kelas awal yaitu di kelas 1 masih banyak yang belum bisa membaca permulaan dengan baik dan benar. Ditemukan beberapa kesulitan yang dialami oleh anak-anak yaitu dari membaca huruf, sukukata, kata dan kalimat sederhana. Beberapa anak tidak memiliki pengalaman belajar di PAUD artinya mereka tidak pernah mengikuti belajar di lembaga PAUD. Masalah tersebut berkaitan tentang kemampuan membaca permulaan siswa yang rendah dibanding siswa yang lain, siswa tersebut diduga mengalami kesulitan belajar membaca sebelum masuk SD karena mereka tidak mengalami masuk pendidikan KB, TK, RA, PAUD dan lembaga sejenisnya Kesibukan orang tua yang bekerja menjadi karyawan di pabrik dimulai pergi di pagi hari dan kembali ke rumah di sore hari sehingga menjadikan fisik dan pikiran orang tua menajadi lelah dan kecapean akhirnya tidak sempat untuk mengajarkan anak-anak mereka mengenalkan membaca, menulis dan menghitung.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode fonik dalam pembelajaran membaca permulaan anak usia dini di kelas awal di SD Citerep Kecamatan Walantaka Kota Serang Banten. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Metode fonik suatu metode belajar bahasa yang menggunakan pendektan mendengar, tulis dan baca. huruf dibaca berdasarkan bunyi pelafalan bahasa indonsia. Sehingga melalui metode fonik anak bisa mengenal bentuk huruf dan bunyi huruf dengan baik dan benar. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan Penerapan metode fonik dalam pembelajran membaca permulaan anak usia dini di kelas awal di SDN Citerep Kecamatan Walantaka Kota Serang Banten cukup baik karena guru menggunakan metode fonik untuk mempermudah anak-anak murid kelas awal Sekolah Dasar Negeri (SDN) Citerap didasari dengan beberapa anak mengalami kesulitan belajar membaca permulaan sehingga perlunya metode fonik untuk membantu kemampuan membaca permulaan anak menjadi lebih baik dan lebih meningkat. Kemampuan membaca permulaan sesuai empat indikator yaitu membaca 1) huruf, 2) suku kata, 3) kata, dan 4) kalimat sederhana. Dengan menggunakan metode fonik anak terbantu menganalisis atau mengeja huruf-huruf satu persatu kemudian disintesiskan satu persatu sehingga memiliki makna yang utuh dan sempurna.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: At SDN Citerep, elementary school children are still being found in the early grades of Class 1 that there are still many who have not been able to read the beginning well and correctly. Found some difficulties experienced by children is from reading letters, succor, simple words and sentences. Some children do not have learning experience at PAUD meaning they have never participated in the PAUD institution. The problem relates to the ability of low student start reading compared to other students, the student is suspected to have difficulty learning to read before entering elementary school because they are not experiencing the education of birth control, KINDERGARTEN, RA, PAUD and institutions sejenisnyaKesibukan parents who work as employees at the factory began to go in the morning and returned home in the afternoon so as to make the physical and mind of the parents also tired and Kecapean finally not got to have time to teach their children Introducing reading, writing and counting. The purpose of this study is to determine the application of phonics method in learning to read the beginning of early childhood in the early grade in elementary school Citerep Walantaka City of Serang Banten. The method to be used in this study is the phonics method of a language-learning method that uses a short listening, write and read. Letters are read based on the sound of Indonsian pronunciation. So that through the phonics method the child can know the shape of the letter and the letter sounds well and correctly. Therefore, the results of this research can be concluded the application of phonics method in the management read the beginning of early childhood in the early class at SDN Citerep Walantaka Kota Serang Banten is quite good because teachers use phonetic methods to facilitate Children of early Grade elementary School (SDN) Citerap based on several children have difficulty learning to read the beginning so that the need for phonetic methods to help the child's early reading ability is better and improved. The ability to read the start according to four indicators is reading 1) letters, 2) syllables, 3) words, and 4) simple sentences. Using a child's phonetic method helps analyze or spell out the letters one by one and then be interpreted one by one so that it has a complete and perfect meaning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 11:49
Last Modified: 22 Nov 2021 11:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item