Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN TARBIYATUL AULAD DI KELURAHAN CIPARE KECAMATAN SERANG KOTA SERANG

Muhamad Ilham, Tubagus (2018) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN TARBIYATUL AULAD DI KELURAHAN CIPARE KECAMATAN SERANG KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN TARBIYATUL AULAD DI KELURAHAN CIPARE KECAMATAN SERANG KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan yang baik hendaknya dimulai sejak masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak merupakan periode emas pertumbuhan di mana pada masa itu otak anak berkembang sangat pesat. Masa ini adalah masa paling tepat untuk mengungkit dan mengembangkan semua potensi yang ada pada diri anak. Periode ini menentukan perkembangan seseorang di masa dewasa, oleh karena itu pada masa ini anak harus diberikan rangsangan agar otak anak berkembang dengan optimal. Berkaitan dengan hal tersebut, maka menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan : 1) Bagaimana penerapan metode bercerita bagi anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa ekspresif anak. 2) Bagaimana dampak dari metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa ekspresif anak. 3) Faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam penggunaan metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa ekspresif anak. Bila dilihat dari analisis dan jenis datanya, maka penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah penanggung jawab kelompok bermain tarbiyatul aulad kota serang yang terdiri 1 orang, tutor/guru kelompok bermain tarbiyatul aulad kota serang yang terdiri dari 2 orang, orang tua/wali murid kelompok bermain yang terdiri dari 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Langkah pengumpulan data yaitu tahap orientasi, tahap eksplorasi, member check. Teknik pengolahan data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa : 1) Bagaimana penerapan metode bercerita bagi anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa ekspresif anak sudah terencana sesuai dengan yang diharapkan pada indikator yaitu membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH), menyiapkan alat peraga yang akan digunakan dalam bercerita seperti media buku dan boneka, mengatur posisi tempat duduk, mengkondisikan kelas, menguasai isi dan maksud cerita yang akan disampaikan, lalu menyiapkan pertanyaan untuk tanya jawab/evaluasi. pelaksanaan metode bercerita juga sudah sesuai dengan tahapan berikut, memilah dan memilih jenis cerita, pengelolaan kelas, dan strategi penyampain cerita untuk anak dapat dilakukan dengan baik sedangkan tahap evaluasi dalam pembelajaran metode berceritapun sudah sesuai dan terlaksana dengan yang diharapkan pada indikator yaitu guru bertanya kepada anak, tokoh dalam cerita, dan memberi kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali cerita tersebut. 2) Bagaimana dampak dari metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa ekspresif anak sudah cukup baik, karena sesuai pembelajaran dasar berbahasa indonesia. Dampak dari metode bercerita yaitu peserta didik mampu melakukan dengan baik dan benar saat menceritakan kembali cerita yang sudah diberikan, peserta didik dapat berkonsentrasi saat pembelajaran, peserta didik pun sudah berani mengambil keputusan sendiri, peserta didik sudah cukup lancar dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan, memperkaya pembendaharaan kata dan sudah pandai merangkai huruf menyebut namanya sendiri.3) Faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam penggunaan metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa ekspresif anak adalah peserta didik mudah diatur, semangat dan kerjasama pendidik untuk terus belajar dan mengembangkan pembelajaran, kreatifitas pendidik dalam menyampaikan materi dan antusias peserta didik sedangkan faktor penghambatnya adalah hambatan waktu, hambatan pengelolaan kelas, dan hambatan evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHanafi, SyadeliUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, FauziUNSPECIFIED
Additional Information: Good education should start from childhood. Childhood was a golden period of growth where at that time the child's brain developed very rapidly. This period is the best time to leverage and develop all the potential that exists in children. This period determines a person's development in adulthood, therefore at this time the child must be given stimulation so that the child's brain develops optimally. In this regard, it is interesting for researchers to conduct research related to: 1) How to apply the method of telling stories for early childhood in developing the basic abilities of children's expressive language. 2) What is the impact of the storytelling method in developing the basic abilities of children's expressive language. 3) Any supporting factors and inhibitors in using the method of telling stories in developing the basic abilities of children's expressive language. When viewed from the analysis and type of data, this research is a descriptive qualitative study. The sample in this study was the person in charge of the group playing tarbiyatul aulad kota serang consisting of 1 person, the tutor / teacher playing the tarbiyatul aulad city of Serang consisting of 2 people, parents / guardians of the playing group consisting of 12 people. The technique of collecting data uses observation, interviews, documentation studies. The data collection step is the orientation stage, the exploration phase, member check. Qualitative data processing techniques, namely data reduction, data presentation, verification. Based on the results of research in the field it is known that: 1) How the application of the method of telling stories for early childhood in developing the basic abilities of children's expressive language has been planned in accordance with the indicators, namely making Daily Activity Plans (RKH), preparing teaching aids to be used in stories such as book and puppet media, adjust the position of the seat, condition the class, master the content and purpose of the story to be delivered, then prepare questions for question and answer / evaluation. the implementation of the storytelling method is also in accordance with the following stages, sorting and choosing the type of story, class management, and storytelling strategies for children can be done well while the evaluation phase in the learning method tells the story that is appropriate and implemented with the indicator that the teacher asks the child , the characters in the story, and give children the opportunity to retell the story. 2) How the impact of the storytelling method in developing the basic abilities of a child's expressive language is good enough, because according to basic Indonesian language learning. The impact of the storytelling method is that students are able to do well and correctly when retelling stories that have been given, students can concentrate during learning, students have dared to make their own decisions, students have been quite fluent in communicating using good Indonesian and true both verbally and in writing, enriching vocabulary and cleverly arranging letters to name themselves. 3) Any supporting factor and obstacle in using the method of telling stories in developing the basic abilities of children's expressive language is easily managed students, enthusiasm and cooperation of educators to continue learn and develop learning, educator creativity in delivering material and enthusiastic students while the inhibiting factors are time constraints, classroom management barriers, and evaluation barriers.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 11:47
Last Modified: 22 Nov 2021 11:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item