Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MEDIA VIRTUAL PHET PADA MATERI FISIKA GAS IDEAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA KELAS XI

RIZKIYATULLAH, DIDI (2018) PENERAPAN MEDIA VIRTUAL PHET PADA MATERI FISIKA GAS IDEAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MEDIA VIRTUAL PHET PADA MATERI FISIKA GAS IDEAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA KELAS XI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas XI pada materi fisika Teori Kinetik Gas (Gas Ideal) menggunakan media pembelajaran Virtual PhET di SMA Negeri 1 Anyer. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pendidik yang masih menggunakan metode dan model pembelajaran yang sama sejak dahulu yaitu metode pembelajaran ceramah yang membuat siswa itu monoton dan tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat pendidik untuk menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa SMA kelas XI dengan menggunakan virtual PhET pada materi Gas Ideal, 2) Mengetahui efektivitas peningkatan pemahaman siswa dengan proses pembelajaran fisika menggunakan media virtual PhET dan tidak menggunakan media virtual PhET pada materi Gas Ideal. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitaif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman siswa yang dapat dilihat dari hasil analisis data yang telah uji Normalitas dan Homogenitas data yang menghasilkan nilai Gain dari skor Pre tes dan post tes kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Hasil Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol : 0,61 ≥ 0,23. Peningkatan pemahaman siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media Virtual PhET sebesar 0,61% sedangkan yang tidak menggunakan media virtual PhET yaitu sebesar 0,23 %. Adapun Efektivitas peningkatan pemahaman siswa dilihat dari hasil uji t dengan melewati uji Normalitas dan Homogenitas data Gain. Hasil yang diperoleh dari uji t adalah Adanya efektifitas peningkatan pemahaman siswa yang dapat dilihat dari perhitungan uji t yaitu: Nilai t tabel ≤ Nilai Uji t (2,0 ≤ 2,5). Jadi, data yang dihasilkan menunjukan adanya Efektivitas Peningkatan Pemahaman siswa SMA kelas XI dengan presentase t tabel 2% ≤ t hitung 2,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRuhiat, YayatUNSPECIFIED
Thesis advisorFirman Septiyanto, RahmatUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to aims to determine the increase in understanding of class XI students in the physics material of Gas Kinetic Theory (Ideal Gas) using Virtual PhET learning media in Senior high school 1 at Anyer. This research was backgrounded by many educators who still use the same learning methods and models long ago, that is the lecture learning method that makes students monotonous and does not play an active role in the learning process and lack of interest of educators to use learning media in the teaching and learning process. The purpose of this study is 1) Knowing the increase in understanding of class XI high school students by using PhET virtual media on the Ideal Gas material 2) Knowing the effectiveness of improving student understanding with the physics learning process using PhET virtual media and don‟t use PhET virtual media on Gas Ideal material. This research method uses quantitative research methods. The results of this research are there is an increase in students' understanding that can be seen from the results of data analysis that has been tested for Normality and Homogeneity of data that results in Gain values from pre test scores and post test Experiment classes and Control Classes. The results of the experimental class gain are greater than the control class: 0.61 ≥ 0.23 improved understanding of students who received treatment using Virtual PhET media is 0.61% while those who do not use PhET virtual media are 0.23%. The effectiveness of improving student‟s understanding is seen from the results of the t test by passing the test for Normality and Homogeneity of Gain data. The results obtained from the t test are the effectiveness of improving student's understanding value of t table ≤ Test value t (2.0 ≤ 2.5). So, the resulting data shows the Effectiveness of Increasing Understanding of Grade XI High School Students with a percentage of t table 2% ≤ t count 2.5%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 11:43
Last Modified: 22 Nov 2021 11:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item