Lia Lestari, Melda (2019) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Kubang Sepat 1 Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan media pembelajaran Kartu Pasangan terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar dengan materi pokok Kegiatan Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kubang Sepat 1 tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive, yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Kartu Pasangan dan Kelas IV B yang menggunakan media pembelajaran sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Kartu Pasangan dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran sederhana, dapat dilihat dari hasil uji T-tes dua pihak yaitu hitungt> tabelt (6,23 2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS yang menggunakan media pembelajaran Kartu Pasangan lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS yang menggunakan media pembelajaran sederhana, dapat dilihat dari hasil uji T-tes pihak kanan yaitu hitungt> tabelt(6,23 1,67), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan dan lebih baik antara siswa yang menggunakan media Kartu Pasangan dengan yang menggunakan media pembelajaran sederhana.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aims to determine the results of the application of Couple Card learning media to the ability to understand concepts in social studies subject in IV grade in elementary schools with the subject matter of Economic Activities. The research method used is quasi-experimental type Nonequivalent Control Group Design. The population of this study was fourth grade students of Kubang Sepat 1 Elementary School academic year 2018/2019. Sampling was done using purposive sampling techniques, namely class IV C as the experimental class using Couple Card learning media and Class IV B using simple learning media. Based on the results of the study show that there are differences in the ability of understanding concepts in social studies subjects between students who use the Couple Card learning media and students who use simple learning media, can be seen from the results of the two-party T-test hitungt> tabelt (6,23 2,00), so H0 reject Ha accept. He ability to understand concepts in social studies subjects that use Couple Card learning media is better than the ability to understand concepts in social studies subjects that use simple learning media, can be seen from the results of the right-party T-test hitungt> tabelt(6,23 1,67), so H0 reject Ha accept. Thus it can be concluded that there are differences in the ability of understanding concepts that are significant and better between students who use the Couple Card media and those who use simple learning media. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 11:39 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 11:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8779 |
Actions (login required)
View Item |