Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GIANT MAP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PETA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV DI SD NEGERI MANDALASARI 1 (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mandalasari 1 Kabupaten Pandeglang)

Siti Marhamah, Mia (2019) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GIANT MAP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PETA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV DI SD NEGERI MANDALASARI 1 (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mandalasari 1 Kabupaten Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GIANT MAP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PETA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca peta siswa yang menerapkan media pembelajaran Giant Map. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang berbentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol yang menerapkan media pembelajaran sederhana dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran Giant Map. Berdasarkan pengolahan data pretes diperoleh dengan rata-rata kemampuan membaca peta siswa dalam mata pelajaran IPS siswa kelas kontrol sebesar 30,5% sedangkan kelas eksperimen sebesar 20,94%. Dari hasil uji beda rata-rata nilai kelas pada taraf signifikansi= 0,01 diperoleh -2,33 dan . Dengan demikian kemampuan membaca peta siswa sebelum diberikan perlakuan adalah tidak ada perbedaan. Setelah diberi perlakuan dan kedua kelas diberikan posttes, hasil uji rata- rata posttes berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan membaca peta siswa kelas kontrol sebesar 36,83% dan kelas eksperimen sebesar 82,64%. Berdasarkan hasil penelitian dengan demikian bahwa kemampuan membaca peta siswa yang menerapkan media pembelajaran Giant Map terdapat perbedaan yang signifikan dan lebih baik daripada siswa yang menerapkan media pembelajaran sederhana.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this research is to know increased ability to read maps that apply Giant Map learning media. The type of research used is quasi-experimental in the form of nonequivalent control group design. Sampling is done by using purposive sampling techniques. The selected sample is class IV A as a control class that applies simple learning media and class IV B as an experimental class that applies Giant Map learning media. Based on the processing of pretest data obtained by the average ability to read student maps in social studies subjects in the control class of 30,5% while the experimental class was 20,94%. From the results of the different test average class values at the significance level = 0,01 obtained t_(count) = -2, 33 dan t_(table) 2,44. Thus the ability to read maps of students before being given treatment is no difference. After being given treatment and both classes were given posttes, the results of the average posttest test based on data processing obtained an average ability to read the map of the control class students by 36,83% and the experimental class of 82,64%. Based on the results of the study thus that the ability to read maps of students who apply Giant Map learning media there are significant and better differences than students who apply simple learning media.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 10:45
Last Modified: 22 Nov 2021 10:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8778

Actions (login required)

View Item View Item