Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Serang)

Septiany, Rimma (2019) PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Serang melalui penerapan media Flipbook dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Serang yang berjumlah 38 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian PTK dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistika deskriptif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini berdasarkan pendapat Borich ditandai dengan meningkatnya motivasi siswa pada pratindakan, siklus I dan siklus II dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mencapai presentase 75%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam penerapan media flipbook dapat meningkatkan motivasi siswa di SMP Negeri 5 Kota Serang. Hal ini terbukti dengan meningkatkan motivasi siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan presentase motivasi yaitu pratindakan 48,82%, pada siklus I 68,03%, dan siklus II meningkat kembali menjadi 82,35%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Thesis advisorNur Rahman, IkmanUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to improve the motivation Learning of students of class VIII with grade students of Serang 5 junior high school.Flipbook media through the application of learning in civics and citizenship.The subject of the research is grade VIII A grade students of Serang 5 junior high school totalling 38 students, whereas the object of this research is the motivation of students. The research method used is PTK. This research was conducted in two cycles. Each cycle is done through the stages of planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques using observation, interviews, documentation. While this research data analysis techniques using descriptive statistics analysis.As for the indicators of the success of this research based on opinion Borich was marked with increasing student motivation on pratindakan, the cycle I and cycle II learning in civics and citizenship who reached a percentage of 75%.Based on the results of the research conducted that study civics and citizenship in applying media flipbook can increase the motivation of junior high school students in the country 5 Serang.This is evident with the increasing student motivation in each cycle.An increasing percentage of the motivation that is pratindakan 48.82%, at 68.03%, cycle I and cycle II increased back to 82.35%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 10:40
Last Modified: 22 Nov 2021 10:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item