Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENDIDIKAN HUMANISTIK KI HADJAR DEWANTARA PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMAN 6 PANDEGLANG

NOVIANI, YUNITA (2019) PENDIDIKAN HUMANISTIK KI HADJAR DEWANTARA PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMAN 6 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENDIDIKAN HUMANISTIK KI HADJAR DEWANTARA PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMAN 6 PANDEGLANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Yunita Noviani, 2290142170,Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara Pada Program Full Day School di SMAN 6 Pandeglang, Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Seiring dengan berjalanya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan pengaruh kepada lembaga pendidikan. Saat ini pendidikan di Indonesia menggunakan program full day school , kondisi ini menjadi polemik di masyarakat. Pendidikan hakikatnya adalah memanusiakan manusia yang dimana selaras dengan konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara. SMAN 6 Pandeglang salah satu sekolah yang melaksanakan full day school. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pendidikan full day school dilihat dari konsep humanis Ki Hadjar Dewantara di SMAN 6 Pandeglang. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Instrument penelitian yang digunakan ialah human instrument dengan dilengkapi pedoman wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Program full day school di SMAN 6 Pandeglang telihat melalui metode pendidikan humanis yang dimana siswa dan guru belum dapat menajalankan konsep humanis Ki Hadjar Dewantara dengan baik. 2) Perubahan pada konsep pendidikan humanis di SMAN 6 Pandeglang dipengaruhi oleh faktor perkembangan zaman, majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sistem lapisan masyarakat terbuka, membuat siswa dan guru lupa atas tanggung jawab sebagai manusia yang seharunya menyadarkan tugas dan tanggungjawab menjadi manusia yang seutuhnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorMusahwi, MusahwiUNSPECIFIED
Additional Information: Yunita Noviani, 2290142170, Ki Hadjar Dewantara's Humanistic Education in the Full Day School Program at SMAN 6 Pandeglang, Sociology Education, Teacher Training and Education Faculty, Sultan Ageng Tirtayasa University. Along with the passage of time and the development of science and technology have an influence on educational institutions. Currently education in Indonesia uses a full day school program, this condition is a polemic in society. The essence of education is humanizing human beings, which is in harmony with the concept of humanistic education, Ki Hadjar Dewantara. SMAN 6 Pandeglang is one of the schools that conducts full day school. The purpose of this study is to describe the full day school education process seen from the humanist concept of Ki Hadjar Dewantara at SMAN 6 Pandeglang. The methodology used is qualitative with a descriptive approach. The research instrument used was a human instrument equipped with interview, observation, documentation guidelines. The validity technique of this research data is source triangulation and time triangulation. The data analysis techniques used in this study are data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. Based on the results of the study it can be concluded: 1) Full day school programs at SMAN 6 Pandeglang are seen through humanist education methods in which students and teachers have not been able to carry out the humanist concept of Ki Hadjar Dewantara well. 2) Changes to the concept of humanist education at SMAN 6 Pandeglang is influenced by factors of age development, the advancement of the development of science and technology, and the open system of society, making students and teachers forget the responsibilities as human beings who should realize their duties and responsibilities to be fully human .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 10:35
Last Modified: 22 Nov 2021 10:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8775

Actions (login required)

View Item View Item