Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENANAMAN NORMA KESOPANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BAGI PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Pada Kelas X SMA Prisma)

Nur Syifa Andini, Enti (2019) PENANAMAN NORMA KESOPANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BAGI PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Pada Kelas X SMA Prisma). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENANAMAN NORMA KESOPANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BAGI PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Pada Kelas X SMA Prisma).pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses penanaman norma kesopanan melalui pembelajaran PPKn bagi peserta didik 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam penanaman norma kesopanan melalui pembelajaran PPKn bagi peserta didik dan 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam penanaman norma kesopanan melalui pembelajaran PPKn bagi peserta didik. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan instrument yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk subjek penelitian ini adalah guru PPKn, peserta didik, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA Prisma Kota Serang. Hasil penelitan ini yaitu menunjukan bahwa penanaman norma kesopanan pada pembelajaran PPKn bagi peserta didik yaitu dengan cara memberi nasihat kepada peserta didik, mengajak secara persuasif, serta memberi contoh kepada peserta didik. Sanksi yang didapat jika peesrta didik melanggar norma sopan santun dengan cara teguran. Faktor pendukung dalam penanaman norma kesopanan yaitu sekolah dengan mengadakan kegiatan Kamis ceriwis, serta guru yang selalu memberikan nasihat dan mengajak peserta didik untuk besikap sopan santun. Faktor penghambat dalam penanamn norma kesopanan pada pembelajaran PPKn bagi peserta didik yaitu lingkungan, teman, serta waktu yang harus lama dalam penanaman norma kesopanan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Thesis advisorYuni Lestari, RiaUNSPECIFIED
Additional Information: This research has aimed 1) To describe the process of cultivating modesty norms to students through pancasila and civic education, 2) To know a supporting factor in cultivating of modesty norms to studenst through pancasila and civic education and, 3) To know an obstacle factor in the cultivation of modesty norms to stuenst through pancasila civic education. This research was desegnied as a descriptive qualitative research in wich data has taken from observation, interview and documentation. The subjectcs of this research were civic eduattion teacher, students, and deputy head of of curuculum of senior high school of Prsima-Serang. The results of this research showed that cultivation of couertsy norms for studentsin civic education that has given an advice for students, invited persuasively also given an example to students. Students got a reprimand if they transgress the norms of manners. A supporting factor in the cultivation of modestly norms was the senior high school held a Thursday ceremony (Kamis ceriews), and the teacher given some advices always, also invited students to always be polite. An obstacle factor in the cultivation of modesty norms in civic education to students were environment, friends, and also instibilling courtesy norms with a longer time.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 10:32
Last Modified: 22 Nov 2021 10:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8773

Actions (login required)

View Item View Item