Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Tirtayasa Kota Serang-Banten)

KARINA, ANNA (2018) PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Tirtayasa Kota Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Tirtayasa Kota Serang-Banten).PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Child discipline must be started as early as possible because children couldn't understand about self-discipline without guidance from their mentors or teachers at school. This survey aims to find out about the role of teachers in optimizing their discipline strategies for the 4-5 year old children at TK Islam Tirtayasa Kota Serang Banten. The survey method uses the qualitative method for the 4-5 year old children in A2 Team with 13 members, 5 boys and 8 girls inside. The procedure of data collection is performed by observation result, field data collection, the interview, and documentation process. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusion. From the survey results show that the 4-5 year old children in A2 Team at TK Islam Tirtayasa already have positive behavior. It's proved by how they come to school on time, come to school every week day, wear the daily uniforms which are already chosen for them, make a proper queue before getting into the class, pray before and after class, put their shoes and bag onto the right place, tidy up the toys they've used, and put the trash in the bin. Therefore, maintaining classroom discipline is started from the teachers giving the example to the children from the time class starts until the class ends. For the teachers who should optimize their discipline strategies, they have a role to be an inspirator and a motivator to help the children having good behavior on their daily basis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Additional Information: Kedisiplinan pada anak harus dimulai sedini mungkin karena anak tidak dapat mencapai kedisiplinan dengan begitu saja tanpa adanya peran guru yang membantu kedisiplinan pada diri anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengoptimalkan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di TK Islam Tirtayasa Kota Serang Banten. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A2 dengan jumlah sebanyak 13 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kedisiplinan anak usia 4-5 tahun kelompok A2 di TK Islam Tirtayasa sudah menunjukan kedisiplinan yang baik. hal ini terlihat ketika anak terbiasa datang tepat waktu, anak hadir setiap hari, anak menggunakan pakaian seragam yang telah ditentukan, anak berbaris dengan rapi sebelum kegiatan pembelajaran, anak membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan, anak meletakan sepatu dan tas pada tempatnya, anak merapikan kembali mainan yang telah digunakan, anak membuang sampah pada tempatnya. Adapun penerapan kedisiplinan di dalam pembelajaran yaitu dengan memberikan pembiasaan yang dilakukan oleh guru dari awal datang ke sekolah hingga akhir kegiatan (pulang). untuk peran guru dalam mengoptimalkan kedisiplinan anak, guru memiliki peran sebagai inspirator dan motivator dimana peran tersebut membantu anak dalam berperilaku disiplin di kehidupan sehari-hari.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 10:02
Last Modified: 22 Nov 2021 10:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8763

Actions (login required)

View Item View Item