Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KARTU TANGERANG PINTAR PADA JENJANG PENDIDIKAN SMAN, SMKN DAN MAN DI KABUPATEN TANGERANG

ANDRIANTO, ANDRIANTO and Dirlanudin, Dirlanudin and Widyastuti, Yeni (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KARTU TANGERANG PINTAR PADA JENJANG PENDIDIKAN SMAN, SMKN DAN MAN DI KABUPATEN TANGERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (ANDRIANTO (Prodi AP))
protect IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KARTU TANGERANG PINTAR PADA JENJANG PENDIDIKAN SMAN, SMKN .pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Andrianto. NIM 6661110794. Skripsi. 2017. Implementasi Kebijakan Program Kartu Tangerang Pintar Pada Jenjang Pendidikan SMAN, SMKN Dan MAN Di Kabupaten Tangerang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I : Dr. Dirlanudin, M.Si dan Pembimbing II : Yeni Widyastuti, S.Sos, M.Si Pembangunan bidang pendidikan menjadi semakin strategis di era otonomi, karena daerah memiliki kemampuan dan kewenangan untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunannya di sektor Pendidikan. Untuk mewujudkan program wajib belajar dua belas tahun, Pemerintah Kabupaten Tangerang menjamin seluruh warga usia sekolah untuk mendapatkan pelayanan pendidikan melalui Bantuan Biaya Personal Pendidikan (BBPP) melalui program Kartu Tangerang Pintar guna membantu peserta didik dari keluarga masyarakat berpenghasilan rendah agar tetap dapat mengikuti pembelajaran di sekolah tanpa terbebani biaya personal pendidikan. Fokus penelitian ini adalah implementasi program Kartu Tangerang Pintar di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan menggunakan teori implementasi kebijakan menurut model Van Mater dan Van Horn. Indikatornya terdiri dari sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan agen pelaksana, komunikasi dan aktivitas pelaksana, dan lingkungan eksternal. Hasil dari penelitian ini adalah dalam implementasinya belum berjalan dengan baik. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan program diantaranya sumber daya kurang memadai, keterbatasan anggaran yang diberikan. belum optimalnya sosialisasi yang diberikan, kordinasi antar agen pelaksana yang masih harus ditingkatkan serta rendahnya tingkat kepatuhan peserta didik dan orangtua. Peneliti memberikan saran agar kordinasi dan sosialisai dari para agen pelaksana senantiasa dapat lebih ditingkatkan lagi agar program dapat berjalan optimal dan tepat sasaran. Kata kunci : implementasi, Kartu Tangerang Pintar, keluarga tidak mampu

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Andrianto. NIM 6661110794. Thesis. 2017. The Implementation of Kartu Tangerang Pintar Program on SMAN, SMKN and MAN In Kabupaten Tangerang. Departement of Public Administration. Faculty of Social and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 1st Advisor, Dr. Dirlanudin, M.Si; 2nd Advisor, Yeni Widyastuti, S. Sos, M.Si The development of education is becoming increasingly strategic in autonomy era, because the region has ability and authority to determine the direction and development policies in education sector. To achieve compulsory education for twelfth year program, Kabupaten Tangerang Government guarantees all teenagers of school’s age to get an education through Biaya Personal Pendidikan (BBPP) with Kartu Tangerang Pintar program to help students from low income families in order to keep them learning in school unencumbered personal cost of education. Research Method which used was descriptive qualitative method and used the theory of policy implementation according to model of Van Mater and Van Horn. The indicators consist of resources, the characteristics of the implementing agency, the attitudes or trends of the implementing agency, communication and activity of the implementing agency, and the external environment. The results of this research is in the implementation has not run well. Factors that support and hinder the programs such as inadequate resources, limitedness of donation. not optimal socialization, lack of loyalty from learners and parents and coordination between the implementing agencies need to be improved. recommendation of this research are for coordination and socialization of the implementing agencies Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang can always be improved so that the program can run optimally and on target. Keywords: implementation, Kartu Tangerang Pintar, students from poor families
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Nov 2017 02:38
Last Modified: 21 Nov 2017 02:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item