YUNITA SARI, DWI (2018) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI DAN MORAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Studi Deskriptif Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X SMK Pasundan 1 Kota Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI DAN MORAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.PDF Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
The purpose of this study was to determine the role of teachers in instilling values and morals in learning Pancasila Education and Citizenship (PPKn) in the Pasundan 1 Vocational School in Serang City. The formulation of the problem in this study are: (1) How is the process of planting values and morals by the teacher in learning PPKn in SMK Pasundan 1 Serang City? (2) What is the role of the teacher in instilling values and morals in learning PPKn in Pasundan 1 Vocational School in Serang City? (3) What are the obstacles of teachers in instilling values and morals in learning PPKn in Pasundan 1 Vocational School in Serang City? (4) What is the teacher's effort in overcoming the value and moral problems in learning PPKn in Pasundan 1 Vocational School in Serang City? This research was carried out in SMK Pasundan 1 Kota Serang. This research was conducted in December 2017 to May 2018. The research method used was descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The instrument in this study was to use observation guidelines, interview guidelines, and documentation. Data analysis techniques used in this study are the analysis techniques of the Miles and Huberman models. Examination of data in this study was carried out by testing data triangulation and member checks from various sources. The results of this study indicate that the role of the teacher in instilling values and morals in learning PPKn class X Pasundan 1 Vocational School in Serang City has been going well enough, although in the results of planting the values and morals are not optimal for shaping the attitudes and behaviors of students who become better. This is due to the factors that inhibit the inculcation of values and morals, including family factors, school factors, and community factors.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai dan moral pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewargaenagaraan (PPKn) di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Perumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses penanaman nilai dan moral oleh guru pada pembelajaran PPKn di SMK Pasundan 1 Kota Serang? (2) Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai dan moral pada pembelajaran PPKn di SMK Pasundan 1 Kota Serang? (3) Apa hambatan guru dalam menanamkan nilai dan moral pada pembelajaran PPKn di SMK Pasundan 1 Kota Serang? (4) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi permasalahan nilai dan moral pada pembelajaran PPKn di SMK Pasundan 1 Kota Serang? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model Miles dan Huberman. Pemeriksaan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji triangulasi data dan membercheck dari berbagai sumber. Hasil dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan nilai dan moral pada pembelajaran PPKn kelas X SMK Pasundan 1 Kota Serang sudah berjalan cukup baik, walaupun dalam hasil penanaman nilai dan moral tersebut belum optimal untuk membentuk sikap dan perilaku siswa yang menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan adanya faktor yang menghambat dalam menanamkan nilai dan moral yaitu diantaranya faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 09:44 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 09:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8752 |
Actions (login required)
View Item |