Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Peningkatan Kepedulian tentang Pencegahan Bullying pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Sumber Agung Serang, Provinsi Banten

Dewi, Shanty Kartika and Indriyany, Ika Arinia (2021) Peningkatan Kepedulian tentang Pencegahan Bullying pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Sumber Agung Serang, Provinsi Banten. KOMUNITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1). pp. 33-41. ISSN 2798-0766

[img] Text
11675-29895-1-PB.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Abstrak Pengabdian Masyarakat ini dilakukan terhadap perundungan di Kota Serang. Sebagai Kota Layak Anak, tahun 2018, Kota Serang didukung dengan kebijakan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 tentang Kota Serang Layak Anak dan Peraturan Walikota Serang Nomor 47 Tahun 2017 tentang RAD Kota Layak Anak. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Kota Serang dengan bermitra dengan SDN Sumber Agung, Serang. Penting untuk memberikan penyadaran sejak dini agar anak – anak dapat menghindari perilaku perundungan. Dalam pengabdian ini, anak dijadikan sebagai subjek utama sehingga dia bisa berpartisipasi secara aktif dalam pencegahan pelaku maupun korban perundungan anak di sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan metode dongeng untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran termasuk mendorong keterlibatan aktif selama proses diskusi. Selain itu dilakukan juga pendampingan dan konseling individu dalam rangka identifikasi masalah dan penyelesaian secara personal. Katakunci : dongeng, pencegahan, perundungan Abstract This Community Service is carried out against bullying in Serang City. As a Child Friendly City, in 2018, Serang City was supported by the policy of Regional Regulation Number 6 of 2015 concerning Child Friendly City of Serang; and Serang Mayor's Regulation Number 47 of 2017 concerning Child Friendly City. This service activity was carried out in Serang City in partnership with SDN Sumber Agung, Serang. It is important to provide awareness from an early age so that children can avoid bullying behavior. In this service, children are used as the main subject so that they can participate actively in preventing perpetrators and victims of child bullying at school. The method used in this service is the fairy tale method to attract students' interest in learning including encouraging active involvement during the discussion process. In addition, individual assistance and counseling is also carried out in the context of problem identification and personal resolution. Keywords : bullying, fairy tales, prevention

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 65201-Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Shanty Kartika Dewi
Date Deposited: 22 Nov 2021 08:58
Last Modified: 22 Nov 2021 08:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8723

Actions (login required)

View Item View Item