Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang

Wulanjani, Gitry and Supriadi, Oman and Arenawati, Arenawati (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi ANE B)
SKRIPSI_GITRY_WULANJANI_062394.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Gitry Wulanjani, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Serang 2011. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien Rawat Inap. Fokus penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang. Dengan Rumusan masalahnya yaitu Seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pasien yang menggunakan pelayanan Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang yaitu sebanyak 260 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh dari teori Zeithaml, Parasuraman dalam Arief, tentang Kualitas Pelayanan berisi 9 indikator, serta teori Freddy Rangkuty yang berisi 4 indikator Kepuasan Pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara tidak berstrukur, penyebaran angket, dan study dokumentasi. Teknik sampling menggunakan Proportionate Random Sampling. Untuk menganalisa seberapa besar pengaruh menggunakan aplikasi SPSS 17,0.Untuk menganalisa data menggunakan metode Korelasi product moment. Berdasarkan skor yang didapat dari hasil penelitian menunjukan bahwa, adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, dengan koefisien korelasi yang didapat sebesar 0,690 yang termasuk pada kategori kuat dengan taraf kesalahan 10%. Berdasarkan hasil yang didapat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, adanya pengaruh kualitas terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang, yaitu sebesar 0.45. Dengan demikian, kualitas pelayanan mempengaruhi tingkat kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serang sebesar 45,0 % dan sisanya 55,0 % dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT Gitry Wulanjani, Services Quality Influence Of inpatients Satisfaction at the Hospital Serang Town, Study Program public Administration, Faculty Of Social and Political Sciences, University of Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2011. Keywords: Service Quality, inpatients Satisfaction. The focus of this research is Services Quality Influence Of inpatients Satisfaction at the Hospital Serang Town With problem formulation of its matters is how far is Services Quality Influence Of inpatients Satisfaction at the Hospital Serang Town. The method of the research is Associative Quatitative. The population in this research who have been the pacient at the Hospital of Serang Town in the sum of 260 person, with member of sample 100 person. The Instrument in this research is got of by theory of Zeithml, Parasuraman which is consisted of five indicators of service quality, and theory Rangkuti which is consisted of two indicators of satisfaction of Member. The collecting was done by the observation, unstructured interview, the researcher apply questionnaire, and documentation study. The technique of sampling uses Propotionate Random Sampling. To analyse how far The Influence of Service Quality to the Satisfaction of Pacient at the Hospital of Serang Town uses application SPSS 17,0. To Aalyze the data using Product moment correlation method. Based on the score which obtain from result of the research that, there is influence between Service Quality through the satisfaction of pacient at the Hospital of Serang Town, with a correlation coefficient of 0.69 obtained in the category that includes strong standard error 10%. which is got in the sum 0.45 That is why it can be known that variable of service quality give contribution in the sum of 45,0% to the satisfaction of pacient, while the left in the sum of 55,0% is determined by the other factors.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Dec 2012 13:11
Last Modified: 07 May 2013 08:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item