Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantoro, Visi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Peran Penting Paragon Inspiring Lecture dalam Mewujudkan Visi Generasi Emas Yang Mandiri

Widyastuti, Nurprapti Wahyu Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantoro, Visi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Peran Penting Paragon Inspiring Lecture dalam Mewujudkan Visi Generasi Emas Yang Mandiri. Gagasan Inovasi Pendidikan. (In Press)

[img] Text
Nurprapti_Essay_Refleksi ILP.pdf

Download (90kB)
[img] Text
ServiceLogin_service=wise&passive=1209600&continue=https_%2F%2Fdrive.google.com%2Fdrive%2Ffolders%2F1uUqZ6CwjTH-MXoUla6-JQMHtlZUmbXgc&followup=https_%2F%2Fdrive.google.com%2Fdrive%2Ffolders%2F1uUqZ6CwjTH-MXoUla6-JQMHtlZUmbXgc - Accepted Version

Download (99kB)
[img] Text
LoA Bu Nurprapti ILP 2021 - 181121 (2).pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah kunci peradaban. Kalimat pembuka dalam tulisan ini menempatkan kata Pendidikan sebagai suatu kata yang sarat makna. Pendidikan tidak dapat dimaknai hanya sebatas pendidikan keluarga di mana orang tua menanamkan sistem nilai social kemasyarakatan dan spiritualitas saja atau proses belajar mengajar di ruang-ruang kelas, kelompok-kelompok diskusi di kampus dan lain sebagainya. Lebih jauh, pendidikan merupakan tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak untuk menjadikan mereka sebagai pribadi yang mandiri dan unggul serta berbudi luhur. Dalam filosofi mendidikan Indonesia yang mengacu pada pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantora; Pendidikan merupakan proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidikan sebagai tuntunan pada akhirnya akan membangkitan potensi utama individu. Pada prinsipnya individu mempunyai kodratnya sendiri dan akan tumbuh membangun peradaban sesuai dengan kondratnya. Filosofi dalam Pendidikan mencakup kebijakan-kebijakan pendidikan yang baru. Filosofi menjadi penting karena mengusulkan cita-cita, arah dan tujuan yang dapat mendorong manusia memperluas bidang kesadaran untuk menjadi lebih baik lebih cerdas, aktif, kreatif, inovatif, berbudaya, unggul, berdaya saing serta berkarakter luhur

Item Type: Article
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Dr Nurprapti Wahyu Widyastuti
Date Deposited: 20 Nov 2021 21:19
Last Modified: 20 Nov 2021 21:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8558

Actions (login required)

View Item View Item