Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS HIJAB BEKASI UNTUK MENARIK MINAT ANGGOTA BARU

HAPSARI, ANNISA NIDYA (2013) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS HIJAB BEKASI UNTUK MENARIK MINAT ANGGOTA BARU. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (ANNISA NIDYA HAPSARI - KOM 2013)
SKRIPSI ANNISA NIDYA HAPSARI - 6662091681 - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Annisa Nidya Hapsari. NIM. 6662091681. Skripsi. Strategi Komunitas Hijab Bekasi Untuk Menarik Minat Anggota Baru. Komunitas hijab banyak bermunculan di berbagai kota termasuk Bekasi. Hijabsi dengan cepat memiliki anggota 326 orang dalam kurun waktu satu tahun, dan salah satu hal yang berperan yaitu komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan komunitas Hijabsi dalam memperoleh anggota baru. Penelitian ini menggunakan teori sintalitas kelompok. Teori ini dikemukakan oleh Cattel yang mengutamakan sifat komunikasi kelompok sebagai kekuatan kelompok. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada Ketua, Divisi Sosial Media (Admin Twitter Hijabsi), dan anggota dari komunitas Hijabsi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara dengan semua narasumber, menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan komunitas Hijabsi ada komunikasi internal, dan eksternal atau luar lingkup Hijabsi. Sedangkan dalam menarik minat anggota, komunitas Hijabsi telah menerapkan strategi pada setiap unsur komunikasi, yaitu strategi komunikator, pemilihan komunikan, pesan, media dan sumber dana. Saat pelaksanaan tahapan strategi komunikasi komunitas Hijabsi menemui hambatan baik dari dalam maupun luar komunitas. Disamping itu komunitas Hijabsi memperoleh banyak dukungan dari berbagai pihak. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan komunitas Hijabsi dalam memperoleh anggota sudah cukup efektif, hal ini dapat dilihat dari jumlah anggota yang semakin bertambah dan respon positif yang diberikan oleh masyarakat Bekasi terhadap kehadiran dari komunitas Hijabsi. Kata kunci : strategi komunikasi, komunitas, hijab

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Annisa Nidya Hapsari. NIM. 662091681. Thesis. Communication Strategy of Hijab Bekasi Community To Attract New Member’s Interest. Many Hijab Communities has arose in some cities including Bekasi. Fastly, Hijabsi have 326 member only in one year, and one of the reason is communication. The purpose of this research is to know communication strategy that had been applied by Hijabsi community in order to get new member. This researsh use Group Syntality Theory. This theory were stated by Cattel which is accentuate group communication as the group‟s power. This research‟s methods are qualitative – descriptive and data collection techniques are gained through depth interview, observation and documentation study. Hijabsi‟s Chief , Admin of Hijabsi‟s Twitter and a member are interviewed as data source of this research. Based on the research‟s result, it shows that there are internal and external communication in Hijabsi‟s communication pattern. Moreover, in attract new member‟s interest, Hijabsi community has applied strategy in every element of communication such as communicator strategy, audience selection, message, media and financial source. While Hijabsi apply the communication strategy, they face some obstacles, not only inside but also outside of community. Besides, Hijabsi community gain many supports from some parties. By this research, researcher conclude that Hijabsi‟s communication strategy to attract new member is effective. That thing we can refer from increasing member and positive responses that are given by people against to emergence of Hijabsi. Keywords : communication strategy, community, hijab
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:35
Last Modified: 11 Jul 2017 08:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item