Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pola Kepemimpinan Ketua Bar3t dalam Mengkampanyekan Safety Driving di dalam Komunitas Mobil Bar3t (Banten Auto Revolutions)

EFRIANGGA, NOVRAN (2014) Pola Kepemimpinan Ketua Bar3t dalam Mengkampanyekan Safety Driving di dalam Komunitas Mobil Bar3t (Banten Auto Revolutions). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (NOVRAN EFRIANGGA - IKOM 2014)
NOVRAN EFRIANGGA - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Novran Efriangga. NIM. 082108. Skripsi. Pola Kepemimpinan Ketua Bar3t dalam Mengkampanyekan Safety Driving di Komunitas Bar3t (Banten Auto Revolutions) Setiap komunitas memiliki kebiasaan dan ciri khas masing-masing. Dalam hal ini Bar3t, komunitas mobil yang sudah cukup matang dan mempunyai julukan “clubnya para pejabat” ini berdomisili di Banten menggunakan berbagai pendekatan secara personal dan melakukan kampanye dengan cara memberikan contoh langsung ke anggotanya untuk menerapkan sistem safety driving dalam berkendara. Sebuah komunitas pada umumnya hanya memilih cara yang bersifat informal untuk memberikan kampanye tersebut kepada anggotanya karena cara tersebut mudah untuk dimengerti dan lebih efektif dibandingkan dengan cara formal seperti seminar, dan sebagainya. Hal tersebut bukan hanya akan membuat suasana menjadi membosankan akan tetapi juga akan membuat pesan yang dibawa oleh komunikator tidak akan tersampaikan dengan maksimal. Untuk memulai proses kampanye tersebut harus dilakukan memalui pendekatan personal terlebih dahulu supaya apapun yang disampaikan oleh komunikator dapat tersampaikan dan terlaksana dengan baik oleh setiap anggota Bar3t. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pesan safety driving ini tersampaikan dengan baik atau tidak, mampu diserap dan diterima dengan baik atau tidak oleh setiap anggota Bar3t. Teori yang dipakai pada penelitian ini adalah Teori Elaboration likelihood models (ELM) dari Petty dan Cacioppo. Teori ini adalah menelaah perbedaan motivasi atau penangkapan makna pesan dikarenakan perbedaan latarbelakang pendidikan dan kesadaran akan suatu hal yang berkaitan dengan pesan tersebut yang akan berdampak pada hasil akhir penerimaan pesan, dan juga seberapa lama efek dari pesan itu dapat ditimbulkan oleh komunikan itu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena tujuan pokok penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang kampanye safety driving yang dilakukan oleh komunitas Bar3t. Penelitian difokuskan kepada anggota Bar3t karena sasaran dari penelitian ini adalah anggota Bar3t. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara dan observasi. Dari hasil observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi kampanye safety driving yang dilakukan oleh komunitas Bar3t memiliki beberapa cara yaitu melakukan pendekatan personal dan bersifat kekeluargaan. Efek yang ditimbulkan karena memakai pendekatan tersebut yaitu kurang terserapnya informasi safety driving kepada anggota Bar3t karena perbedaan latarbelakang pendidikan dan pengetahuan tentang safety driving menjadikan anggota Bar3t terbagi menjadi dua kelompok yaitu tingkat elaborasi tinggi dan tingkat elaborasi rendah dan menjadikan pemaknaan pesan yang disampaikan sama akan tetapi efek yang akan ditimbulkan berbeda. Kata Kunci : Safety Driving, Pola Kepemimpinan, Kampanye, Feedback

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Novran Efriangga. NIM. 082108. Thesis. Patterns in Leadership Chair of Bar3t Campaigning Safety Driving in Bar3t Community (Banten Auto Revolutions) Each community has a habit and characteristics on it own. Bar3t In this case , is a car community had already quite mature and has a of nickname " club of the officials " is domiciled in Banten using a variety of personal approach and conduct campaigns by giving examples directly to its members to implement the system of safety in driving. Normally a community just choose informal way to give the campaign to their members because of the way it is easy to understand and more effective than formal methods such as seminars , and so on . It not only will make the atmosphere would be bored but it will also make the message brought by the communicator will not be conveyed to the maximum . To begin the process of the campaign should be carried out through a personalized approach so that any advance given by the communicator can be delivered and implemented well by every member of Bar3t . This study aims to determine the extent of driving safety message is conveyed properly or not , can be absorbed and well received or not by every member of Bar3t . The theory used in this research is the Theory Elaboration likelihood models ( ELM ) of Petty and Cacioppo . This theory is examined differences in motivation or capture the meaning of a message due to differences in educational background and awareness of the issues related to the message that will have an impact on the final result message reception , and also how long the effect of the message can be caused by the communicant . The method used is descriptive method with qualitative approach . Because the main purpose of this study is to describe and provide an explanation of the safety driving campaign conducted by Bar3t community . The research focused on members Bar3t because the target of this research is Bar3t members . Data collection techniques used were interviews and observation . From these observations it can be concluded that the strategy of safety driving campaign conducted by Bar3t community has several ways to approach personal and family-oriented . The effects due to using this approach is less absorption of safety driving information to members Bar3t due to differences in educational background and knowledge of the make safety driving Bar3t members are divided into two groups: high- level elaboration and low levels of elaboration and make meaning of the message will be the same but will it have a different effect . Keywords : Safety Driving, Pattern of Leadership, Campaign, Feedback
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:40
Last Modified: 05 Jul 2017 07:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item