Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri

Hulwani, Almas Zati and Pujiastuti, Heni and Rafianti, Isna Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

[img] Text
Artikel Almas-jurnal cendekia.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pembelajaran di sekolah cendrung pasif dikarenakan guru menggunakan metode ceramah saat mengajar sehingga siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurikulum 2013 menuntut adanya perubahan dari teacher centered menuju student centered. Untuk menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan interaktif peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi android dengan pendekatan STEM pada materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaan interaktif android matematika dengan pendekatan STEM pada materi trigonometri yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau development design research tipe formative research. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu preliminary study dan formative study, dengan alur desain formative evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif android matematika dengan pendekatan STEM pada materi trigonometri layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan uji validitas, kepraktisan dan efek potensial. Uji validitas didapatkan pada tahap expert review, uji kepraktisan didapatkan pada tahap one-to-one dan small group, dan efek potensial tehadap respon siswa didapatkan pada tahap field test. Kata kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Android, STEM, Trigonometri

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Isna Rafianti
Date Deposited: 22 May 2024 11:00
Last Modified: 22 May 2024 11:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item View Item