Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

POLA KOMUNIKASI SUPORTER SEPAKBOLA AC MILAN INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Milanisti Sezione Tangerang)

Gabe, Dosta Taruli (2017) POLA KOMUNIKASI SUPORTER SEPAKBOLA AC MILAN INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Milanisti Sezione Tangerang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Dosta Taruli Gabe 2017)
POLA KOMUNIKASI SUPORTER SEPAKBOLA AC MILAN INDONESIA - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dosta Taruli Gabe. NIM 6662121840. Pola Komunikasi Suporter Sepakbola AC Milan Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Milanisti Sezione Tangerang). Skripsi. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola komunikasi kelompok suporter sepakbola. Peneliti memfokuskan pengurus dan anggota Kelompok Suporter Milanisti (AC Milan Indonesia Suporter) Sezione Tangerang dikarenakan kelompok tersebut merupakan cabang resmi yang berada di kota Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi partisipan. Studi diskriptif yang diteliti tertuju pada komunikasi antara pengurus dan anggota Kelompok Suporter Milanisti Sezione Tangerang. Penelitian ini menjelaskan tentang pola komunikasi Kelompok Suporter Milanisti Sezione Tangerang. Pola komunikasi proses komunikasi internal Kelompok Suporter Milanisti Sezione Tangerang terdapat dua macam komunikasi yaitu komunikasi kelompok dan komunikasi interpersonal. Hampir seluruh proses komunikasi yang terjadi bersifat non-formal. Komunikasi internal antara pengurus dan anggota Kelompok Suporter Milanisti Sezione Tangerang dilakukan melalui komunikasi langsung yaitu tatap muka (face–to–face) seperti Rapat Rutin, Nobar (Nonton Bareng), Kopdar (Kopi Darat), Futsal, dan Gathering. Sedangkan dalam proses komunikasi eksternal hanya merupakan komunikasi kelompok. Komunikasi yang bersifat formal dan langsung (tatap muka) hanya terjadi pada saat kegiatan Charity yang berhubungan dengan masyarakat banyak serta pada kegiatan FORKAS (Forum Komunikasi Antar Suporter) saja. Selain kegiatan tersebut baik komunikasi internal pengurus dan anggota kelompok serta komunikasi eksternal kelompok. Milanisti Sezione Tangerang juga berkomunikasi melalui media (mediated). Kelompok ini menggunakan media sosial berbasis internet seperti Email, Blog, Facebook, Twitter, dan instant message (pesan singkat) seperti BBM (Blackberry Messanger) dan WhatsApp. Dari kesimpulan yang telah didapat, saran yang dapat diberikan oleh penelitian ini adalah agar Kelompok Suporter Milanisti Sezione Tangernag lebih meningkatkan kegiatannya lagi, khususnya kegiatan eksternal. Kegiatan – kegitan tersebut bermaksud untuk menambah keakraban dan rasa persaudaraan antar anggota. Selain itu, adanya kelompok Suporter Milanisti Sezione Tangerang dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat dan mendatangkan penilaian positif. Kata kunci: Pola Komunikasi, Suporter Sepakbola, AC Milan Indonesia

Item Type: Thesis (Lainnya)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 12 Apr 2017 09:11
Last Modified: 12 Apr 2017 09:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item