Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PADA SISWA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SEKOLAH KHUSUS ANAK MANDIRI KOTA SERANG

HUMAIRAH, SARAH (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PADA SISWA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SEKOLAH KHUSUS ANAK MANDIRI KOTA SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (SARAH HUMAIRAH 2017)
KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PADA SISWA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SEKOL - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sarah Humairah. NIM. 121765. Komunikasi Interpersonal Guru Pada Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Di Sekolah Khusus Anak Mandiri Kota Serang. Pembimbing I: Dr. Rd.Nia Kania Kurniawati, S.IP., M.Si. dan Pembimbing II: Puspita Asri Praceka, S.Sos., M.Ikom. Komunikasi merupakan suatu proses sosial dalam berinteraksi dengan sesama manusia. Pertukaran pesan yang terjadi antar manusia dapat menghadapi berbagai kendala atau hambatan, baik dalam mengirim pesan atau dalam menerima pesan tersebut. Terlebih jika komunikan memiliki keterbatasan dalam menerima pesan, seperti dengan anak berkebutuhan khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Dibutuhkan guru yang memiliki keterampilan dan kemampuan khusus dalam menyikapi maupun berkomunikasi dengan siswa ADHD, agar guru dapat menyampaikan bahan pelajaran sesuai dengan tujuan kurikulum yang berlaku. Menggunakan komunikasi interpersonal guru dapat memberikan bahan ajaran secara langsung, dan dapat langsung mengetahui hambatan apa saja yang siswa hadapi pada proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan guru terhadap siswa ADHD, bagaimana hambatan yang dihadapi guru dalam proses komunikasi, dan bagaimana guru menyelesaikan hambatan-hambatan tersebut dalam proses komunikasi terhadap siswa ADHD di Sekolah Khusus (SKh) Anak Mandiri Kota Serang. Teori pendukung yang peneliti gunakan adalah teori hubungan lima tahap Joseph A. DeVito. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan lima key informan sebagai nara sumber. Setelah dilakukan proses penelitian maka diperoleh hasil penelitian bahwa pesan yang harus disampaikan oleh guru merupakan pesan yang singkat dan padat (kongkret). Kurangnya tingkat kefokusan siswa serta pemahaman siswa tentang verbal yang mereka miliki adalah hambatan dalam berkomunikasi dengan guru. Sehingga guru membuat penyelesaian hambatan dengan pengulangan komunikasi, dan menggunakan bahasa nonverbal sebagai pendukung. Kata kunci: Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Komunikasi Interpersonal, Proses Belajar Mengajar, Sekolah Khusus (SKh) Anak Mandiri Serang.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Sarah Humairah. NIM. 121765. Teacher Interpersonal Communication with Students Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) in Special School Anak Mandiri of Serang. Supervisor I: Dr. Rd.Nia Kania Kurniawati, S.IP., M.Si. and Supervisor II: Puspita Asri Praceka, S.Sos., M.Ikom. Communication is a process of social interaction with fellow human beings. Message exchange that occurs between human beings can face many obstacles or barriers, both in sending a message or receiving the message. Especially if the communicant has limitations in accepting the message, such as with special needs children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). It takes teachers who have specialized skills and capabilities in addressing and communicating with ADHD students, so the teacher can convey the lesson material in accordance with the applicable curriculum objectives. By using interpersonal communication teacher can provide teaching materials directly, and can immediately know the students obstacles in the learning process. The purpose of this research was to determine how the teachers do the interpersonal communication towards ADHD students, how the barriers faces by teachers in the communication process, and how the teachers can resolve those barriers in the communication process on ADHD students in Special School (SKh) Anak Mandiri Serang. The supporting theories that researchers use is the five phase relation deVito. The method which is used in this research is descriptive qualitative method, with uses five key informan as a researcher's informant. After research has been done, then the research result is the message delivered by the teacher should be the short and solid/concrete message. The less of student's focuses and student understanding ability about verbal is the problem in communicating with the teacher. Therefore, the teacher makes a problem solving by doing communication repetition and using nonverbal language as the proponent. Keywords: Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Interpersonal Communication, Special School (SKh) Anak Mandiri Serang, Teaching and Learning Process.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:41
Last Modified: 10 Apr 2017 04:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item