Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL DAN AKHLAK MULIA PADA NARAPIDANA ANAK MELALUI KEGIATAN PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I TANGERANG

NUPUS, HAYATUN (2019) PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL DAN AKHLAK MULIA PADA NARAPIDANA ANAK MELALUI KEGIATAN PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL DAN AKHLAK MULIA PADA NARAPIDANA ANAK MELALUI KEGIATAN PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I TANGERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh factor perilaku sosial yang rendah, akhlak mulia yang semakin menurun, rendahnya kemampuan kecakapan hidup (Life Skill). Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas I Tangerang?. (2) Bagaimana hasil proses pembinaan perilaku Sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang?. (3) Apa saja Faktor pendukung dan penghambat perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui (1) Proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas I Tangerang. (2) Hasil proses pembinaan perilaku Sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang. (3) Faktor pendukung dan penghambat perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, agar lebih tergambar jelas dalam penulisan hasil dari penelitian tersebut. Dan untuk mengetahui hasil dari penelitian, peneliti menggunakan kisi-kisi instrumen, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumntasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dengan seorang kepala bidang pembinaan, seorang instruktur pelatihan dan empat orang warga binaan anak. Hasil penelitian yang dapat penulis simpulkan yaitu (1) Proses pembinaan perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas I Tangerang, adanya tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Hasil proses pembinaan perilaku Sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program pelatihan kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang dapat disimpulkan bahwa perilaku sosial narapidana anak lebih baik, akhlak mulia narapidana anak terlihat lebih sabar, syukur dan tawadhu. Dalam kecakapan hidup narapidana anak sudah dapat membuka usaha sendiri setelah terbebas dari masa tahanan. (3) Faktor pendukung dan penghambat perilaku sosial dan akhlak mulia pada narapidana anak melalui program kecakapan hidup di LPKA Kelas 1 Tangerang adalah adanya motivasi diri, kesadaran diri, lingkungan keluarga dan lingkungan LPKA. Sedangkan faktor penghambatnya sifat malas dan mudah bosan, sarana prasarana, metode, instruktur dan petugas LPKA.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayatullah, HidayatullahUNSPECIFIED
Thesis advisorRizqi Meilya, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: This research in the background of low social behavioral factors, the noble morality is declining, low life skills (Life Skill). The focus of this research is (1) How is the process of coaching social behaviour and noble behavior on child inmates through a life skills training program in the LPKA class I Tangerang?. (2) How is the process of the development of social behaviour and noble behavior in child inmates through the Life Skills training program at LPKA Class 1 Tangerang? (3) What are the supporting factors and barriers of social behaviour and noble behavior in child inmates through the life skills program at LPKA Class 1 Tangerang?. The purpose of the research is to know (1) the process of coaching social behaviour and noble behavior on child inmates through a life skills training program at the LPKA class I Tangerang. (2) the results of the development process of social behaviour and noble behavior on child inmates through a life proficiency training program at LPKA Class 1 Tangerang. (3) the supporting factors and barriers of social behaviour and noble morality in child inmates through the life skills program at LPKA Class 1 Tangerang. The method used in this study is qualitative descriptive, to be more clearly described in the writing of the results of the study. And to find out the results of the research, researchers use instrument grids, observation guidelines, interview guidelines and doctoral programs. The data sources in this study were from interviews with a head of coaching, a training instructor and four child-assisted children. The results of the research that can be the author concluded is (1) the process of coaching social behaviour and noble behavior on child inmates through a life proficiency training program at the LPKA class I Tangerang, the level of planning, implementation and evaluation. (2) Results of the process of coaching social behavior and the noble character in child inmates through the Life skills training program in the LPKA Class 1 Tangerang can be concluded that the social behavior of children's prisoners is better, the children's child inmates look more Patience, gratitude and Tawadhu. In life skills child inmates can open their own business after being freed from the period of detention. (3) Supporting factors and barriers of social behaviour and noble behavior in child inmates through the Life Proficiency program at the LPKA Class 1 Tangerang is self-motivation, self-awareness, family environment and environment of LPKA. While the avoidance factor is lazy and easy to get bored, facilities infrastructure, methods, instructors and officers of LPKA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 15:46
Last Modified: 19 Nov 2021 15:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8207

Actions (login required)

View Item View Item