Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN Grogol II Kota Cilegon)

SUNARDI, SUNARDI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN Grogol II Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN Grogol II Kota Cilegon).PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Grogol II Kota Cilegonpada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Nilai yang didapat oleh siswa tidak mencapai standar yang ditetapkan sekolah yaitu 60. Salah satu penyebabnya adalah pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru cenderung menggunakan metode ceramah tanpa mengkombinasikan dengan metode lain sehingga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa merasa bosan dan kurang aktif karena hanya mendengarkan saja, siswa tidak diberi kesempatan untuk berinteraksi. Hal ini membuat pembelajaran kurang aktif, karena siswa kurang merespon terhadap pembelajaran yang disampaikan dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media gambar berseri pada pembelajaran Bahasa Indonesia (2) Meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media gambar berseri di Kelas V Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya (1) media gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Rata-rata klasikan motivasi belajar siswa siklus I adalah 66,66% dan siklus II adalah 88,33% (2) penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I 70% kemudian pada siklus II hasil belajar siswa adalah 84,85%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas V SD Negeri Grogol II Kota Cilegon.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, SupraniUNSPECIFIED
Thesis advisorSoetrisna, DennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 15:38
Last Modified: 19 Nov 2021 15:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8204

Actions (login required)

View Item View Item