Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK BAKWAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG TINGKAT SMALB DI SKH ADITIYA SILIH ASIH KABUPATEN TANGERANG (Studi Kualitatif Deskriptif Melalui Kegiatan Pembelajaran Memasak Bakwan)

Purnamasari, Eneng (2019) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK BAKWAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG TINGKAT SMALB DI SKH ADITIYA SILIH ASIH KABUPATEN TANGERANG (Studi Kualitatif Deskriptif Melalui Kegiatan Pembelajaran Memasak Bakwan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK BAKWAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG TINGKAT SMALB DI SKH ADITIYA SILIH ASIH KABUPATEN TANGERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kecerdasan, mereka mengalami berbagai macam hambatan. Maka dari itu anak tunagrahita kurang mampu dikembangkan dalam pembelajaran akademiknya dan memerlukan pengembangan dalam pembelajaran lain yaitu dalam pembelajaran keterampilan salah satunya yaitu pembelajaran keterampilan memasak bakwan. Tujuan dari pembelajaran keterampilan yaitu untuk membuat anak tersebut menjadi mandiri dan memiliki kemampuan untuk bekal menjalani kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana guru memberikan memberikan pembelajaran keterampilan pembuatan memasak bakwan bagi siswa tunagrahita sedang tingkat SMALB di SKh Aditiya Silih Asih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan analisis dokumen. Sedangkan dalam teknik analisis data penelitian ini dengan analisis deskriptif kualitatif, dan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berupa Program Keterampilan sekolah yang disusun oleh kepala sekolah dibantu dengan tim guru, sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode demonstrasi, dan untuk media yang digunakan berupa alat-alat dapur dan bahan-bahan yang dapat mudah dibeli di pasar. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan ini dilaksanakan selama 2 kali dalam satu semester, proses evaluasi dilakukan setelah pembelajaran selesai, menyimpulkan dari pengamatan hasil kerja siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan dimuat dalam lembar portofolio siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYuwono, JokoUNSPECIFIED
Thesis advisorMulia, DediUNSPECIFIED
Additional Information: Children with mental retardation are children who experience delays in the development of intelligence, they experience various kinds of obstacles. Therefore, mentally retarded children are less able to be developed in academic learning and require development in other learning, namely in learning skills, one of which is learning the skills of making bakwan. The purpose of skills learning is to make the child become independent and have the ability to provision to live in a community life. This study aims to obtain an overview of how teachers provide learning skills in making bakwan for mentally retarded students at high school level in SKh Aditiya Silih Asih. This study uses a descriptive method with a qualitative approach, the technique of data collection is done by means of observation, interviews and document analysis. Whereas in the data analysis technique this study used qualitative descriptive analysis, and for checking the validity of the data using triangulation techniques. The results of this study indicate that the learning plan in the form of a school Entrepreneurship Program prepared by the principal is assisted by a teacher team, while the method used in this learning is a demonstration method, and for the media used in the form of kitchen tools and materials that can be easily purchased in the market. The implementation of skills learning is carried out for 2 times in one semester, the evaluation process is carried out after the learning is completed, concluding from observing the results of the students' work during the learning process taking place and published in the student portfolio sheet.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 15:10
Last Modified: 19 Nov 2021 15:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8183

Actions (login required)

View Item View Item