Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FENOMENA ALAM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke)

RINALDI, RIZA (2019) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FENOMENA ALAM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FENOMENA ALAM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam pembelajaran fisika, melatihkan keterampilan proses diharapkan dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Dalam penerapannya, guru berperan sebagai pembimbing, dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif. Dalam penyampaian materi pengajaran, siswa tidak diberitahukan sebelumnya, sehingga sebagian konsep atau seluruhnya ditemukan sendiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada materi elastisitas dan Hukum Hooke. Berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir dan diujikan kepada 30 siswa di SMA Prisma Kota Serang. Setiap soal menilai pada aspek menyimpulkan, mengamati, mengidentifikasi dan manipulasi variabel, memprediksi, serta menginterpretasi data. Data diolah menggunakan Microsoft Excel 2013. Hasil analisa menunjukan kenaikan indikator mengamati dari 39,95% menjadi 66,62%, menyimpulkan dari 53,86% menjadi 69,4%, mengidentifikasi dan manipulasi variabel dari 36,6% menjadi 73,3%, memprediksi dari 39,43% menjadi 68,31%, dan menginterpretasi data dari 73,3% menjadi 98,3%. Serta hasil Uji N-Gain didapatkan nilai sebesar 0,46 dan dikategorikan sebagai G-Sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRama Denny Muchtar, YusUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryadi, RudiUNSPECIFIED
Additional Information: In physics learning, training process skills is expected to help students achieve learning goals in accordance with predetermined basic competencies. In its application, the teacher acts as a mentor, by providing opportunities for students to actively learn. In delivering teaching material, students are not notified beforehand, so that some concepts or all of them are found on their own. The instrument used in this study was a test of science process skills after participating in learning activities on material elasticity and Hooke's Law. In the form of multiple choice tests totaling 20 items and tested to 30 students at Prisma City Serang High School. Each question assesses the aspects of concluding, observing, identifying and manipulating variables, predicting, and interpreting data. Data is processed using Microsoft Excel 2013. The results of the analysis show an increase in observing indicators from 39.95% to 66.62%, concluding from 53.86% to 69.4%, identifying and manipulating variables from 36.6% to 73.3% , predicting from 39.43% to 68.31%, and interpreting data from 73.3% to 98.3%. As well as the results of the N-Gain Test obtained a value of 0.46 and categorized as G-Medium.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 15:08
Last Modified: 19 Nov 2021 15:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8182

Actions (login required)

View Item View Item