Hadiyati, Yanti (2019) PEMBELAJARAN ANALOGI PADA TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PEMBELAJARAN ANALOGI PADA TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Kesetimbangan kimia merupakan topik dalam ilmu kimia yang harus memiliki kemampuan berpikir logis, sitematis dan kreatif untuk merepresentasikan ketiga aspek makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Analisis terhadap materi kesetimbangan kimia menunjukkan bahwa sebagian besar konsepnya termasuk jenis konsep abstrak dengan contoh konkrit dan konsep yang menyatakan proses. Pemahaman konsep pada topik kesetimbangan kimia melibatkan kemampuan dalam menerjemahkan konsep pada tingkat makroskopik yang meliputi sifat-sifat yang teramati, tingkat submikroskopik yang merupakan identitas dari zat spesifik yang terlibat dan tingkat simbolik yang digunakan untuk memanipulasi dan memahami pesamaan kesetimbangan sehingga siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami konsep dalam topik kesetimbangan kimia jika siswa tidak dapat menghubungkan ketiga representasi tersebut. Cara efektif untuk membantu siswa dalam memahami aspek submikroskopik pada materi kesetimbangan kimia yaitu dengan menggunakan pembelajaran analogi. Penguasaan konsep siswa diukur dengan menggunakan instrumen 15 soal pilihan ganda dan 4 soal uraian yang terdiri dari tingkat kognitif Bloom revisi C1, C2, C3 dan C4. Persentase penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen yaitu C1: 84,44%, C2: 78%, C3: 77,5 dan C4: 70% sedangkan pada kelas kontrol yaitu C1: 68,89%, C2: 60%, C3: 55,83 dan C4: 43,33%. Hasil analisis uji t menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran analogi dapat digunakan untuk menguasai konsep siswa pada topik kesetimbangan kimia karena analogi dapat menjangkau materi yang bersifat abstrak, asing dan dapat merepresentasikan aspek submikroskopik. Pembelajaran analogi dapat diterapkan pada konsep kimia lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Chemical equilibrium is a chemical concept that should own an ability to think logically, systematically, and creatively to represent three aspects, namely, macroscopic, sub-microscopic and symbolic aspects. The analysis of chemical equilibrium material showed that the most of its sub-concept is categorized as an abstract concept with a concrete example and a concept showing progress. An understanding of chemical equilibrium concept involves a concept-translating ability at the macro level that contains of observed character, sub-micro level representing an identity of involved-specific substance and symbolic level that is used to manipulating and comprehending equilibrium equation that the students will experience a difficulty in chemical equilibrium comprehension if they cannot connect those three representations. An effective way that possibly helps the students to understand sub-microscopic aspect in chemical equilibrium material is by applying analogy learning. Students’ concept mastery is measured by using instruments; 15 multiple choices and 4 essays contained of revised-Bloom cognition level C1, C2, C3, and C4. The percentage of student’s concept mastery at the experimental class is C1: 84,44%, C2: 78%, C3: 77,5 dan C4: 70% while at the control class is C1: 68,89%, C2: 60%, C3: 55,83 dan C4: 43,33%. An analysis of T examination summarized that a significant average difference exists between experimental and control class. The result of this research showed that analogy learning can be applied to the students to master the concept in chemical equilibrium concept due to it can provide abstract and foreign material, as well, can represent sub-microscopic aspect. Analogy learning can be applied in other chemical concepts that are alike in character with chemical equilibrium. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2021 15:06 | |||||||||
Last Modified: | 19 Nov 2021 15:06 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8181 |
Actions (login required)
View Item |