Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DAN MEDIA BENDA REALITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 18 KOTA SERANG

HAROMAINI, HAROMAINI (2018) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DAN MEDIA BENDA REALITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 18 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DAN MEDIA BENDA REALITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

This research is shown to know the effect of flashcard media and reality object media on the ability to write essay description of the students in class VII SMPN 18 Serang City. This research is done by using test technique, that is pretest and posttest. Formulation of the problems in this research, that is "Is the use of flashcard media and reality object's media affect the results of writing essay writing a description of students of class VII SMPN 18 Serang City?", and "Is there a significant difference between the use of flashcard media and reality object made of the writing of the description of the seventh grade students of SMPN 18 Serang City?". The purpose of this research is to know the effect of flashcard media and reality object media on the result of writing essay description of the students of class VII SMPN 18 Serang City. This research uses experimental method with Pre-Experimental Design design with One Group Pretest-Posttest Design. The sample used in this research is one class, that is class VII B. Based on the analysis of research data obtained conclusion of learning result writing student description by using flashcard media got average value equal to 77,68 with pretest value equal to 64,76. The use of reality objects media got an average value of 73,24 with a pretest value of 66,2. Based on these data, the increase of flashcard media usage result is higher than reality object media with value difference of 4,44 points. The result of this research stated that the flashcard media is better than the reality object media to the result of writing essay description of the students of class VII SMPN 18 Serang City.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, DodiUNSPECIFIED
Thesis advisorHerwan, HerwanUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar dan media benda realitas terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 18 Kota Serang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik tes, yaitu pretest dan posttest. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Apakah penggunaan media kartu bergambar dan media benda realitas berpengaruh terhadap hasil menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 18 Kota Serang?”, dan “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pengguanaan media kartu bergambar dan media benda realitas terhadap hasil menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 18 Kota Serang?”. Tujuan dalam penellitian ini mengetahui pengaruh media kartu bergambar dan media benda realitas terhadap hasil menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 18 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak satu kelas, yaitu kelas VII B. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan media kartu bergambar mendapat nilai rata-rata sebesar 77,68 dengan nilai pretest sebesar 64,76. Penggunaan media benda realitas mendapat nilai rata-rata sebesar 73,24 dengan nilai pretest sebesar 66,2. Berdasarkan data tersebut, peningkatan hasil penggunaan media kartu bergambar lebih tinggi dibandingkan dengan media benda realitas dengan selisih nilai sebesar 4,44 poin. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media kartu bergambar lebih baik dibandingkan media benda realitas terhadap hasil menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 18 Kota Serang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:50
Last Modified: 19 Nov 2021 14:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item