Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA NEGERI 7 KOTA SERANG

AMALIAH, RIMA (2019) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA NEGERI 7 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA NEGERI 7 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rima Amaliah (2290142362), Skripsi, Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 7 Kota Serang. Pendidikan Sosiologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dewasa ini kemajuan teknologi informasi yaitu internet telah merambah berbagai aspek kehidupan manusia. Kehadiran internet sebagian besar turut andil dalam aktivitas manusia, pemanfaatannya yang semakin meluas tidak terkecuali dalam aspek pendidikan. Perubahan paradigma pembelajaran teknologi dijadikan alternatif penunjang pembelajaran. Internet saat ini dijadikan sumber belajar untuk memperoleh informasi dari berbagai literatur, referensi ilmu pengetahuan untuk mempermudah proses studi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah tehnik keterpercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 7 Kota Serang dapat disimpulkan: 1). Pemanfaatan internet dilakukan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar maupun untuk memperoleh informasi, memudahkan melakukan komunikasi, menambah wawasan maupun mempermudah pekerjaan guru berupa layanan web course. 2). Perkembangan teknologi internet mendukung alternatif lain yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. 3). Pemanfaatan internet dalam kegiatan pembelajaran memberikan stimulus guna mendorong rasa antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan melakukan variasi dalam pembelajaran 4). Faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, adanya dukungan dari semua pihak. Adapun faktor penghambatnya yaitu adanya kendala baik kendala teknis maupun non teknis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisnaadisendjaja, DennyUNSPECIFIED
Thesis advisorKuntari, SeptiUNSPECIFIED
Additional Information: Rima Amaliah (2290142362), Thesis, Use of the Internet as a Learning Resource in Serang 7 Public High School. Sociology Education. Teacher and Education Faculty of Sultan Ageng Tirtayasa UniversityToday the advancement of information technology, namely the internet has penetrated various aspects of human life. The internet presence mostly contributes to human activities, its widespread use is no exception in the aspect of education. Changes in the technology learning paradigm are used as alternative supporting learning. The internet is now use as a learning resource to obtain information from various literature, scientific references to facilitate the research process.This research used is qualitative method. Data collection is done through observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data used is a technique of trustworthiness, transferability, dependence and certainty. The data analysis techniques used in this study are data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing.The results of the research show that the use of the Internet as a Learning Resource in Serang 7 Public High Schools can be concluded: 1). The use of the internet is carried out by teachers and students in learning activities as well as to obtain information, facilitate communication, add insight and facilitate the work of the teacher in the form of a web course service. 2). The development of internet technology supports other alternatives that can be used as learning resources. 3). The use of the internet in learning activities provides a stimulus to encourage enthusiasm to participate in learning activities by making variations in learning 4). Supporting factors and obstacles to the use of the internet as a learning resource, support from all parties. The inhibiting factors are the existence of obstacles both technical and non-technical.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:59
Last Modified: 19 Nov 2021 14:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8163

Actions (login required)

View Item View Item