IRAWATI, ERI (2019) PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Penelitian Kualitatif di TK Kelurahan Lopang Kecamatan Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Alat Permainan Edukatif (APE) adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan dan dapat merangsang pertumbuhan otak anak serta dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan alat permainan edukatif (APE) dalam pembelajaran anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di TK Kelurahan Lopang yaitu TK A dan TK B. Dari hasil penelitian di peroleh bahwa pemanfaatan alat permainan edukatif (APE) dalam pembelajaran anak usia dini di TK A dan TK B tidak dimanfaatkan dengan baik, alat permainan edukatif (APE) yang di miliki sekolah hanya beberapa yang digunakan. Hal ini terlihat pada saat istirahat anak-anak di TK A bermain ayunan, perosotan, tangga pelangi, mangkok putar, dan balok saja. Sedangkan anak-anak di TK B hanya bermain ayunan, perosotan, jungkitan tangga pelangi, terowongan, tangga majemuk, balok dan kepingan geometri. Kegiatan pembelajaran pun tidak menggunakan alat permainan edukatif, guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa kertas atau lembar kerja.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The Educational Game Tool (APE) is anything that can be used as a means or equipment to play that contains educational value and can stimulate the growth of a child's brain and can develop all aspects of a child's development. This study aims to find out how the use of educational games (APE) in early childhood learning. This research method uses qualitative methods carried out in Lopang Sub-district Kindergarten namely TK A and TK B. From the results of the research, it was found that the use of educational games (APE) in learning early childhood in TK A and TK B was not well utilized, the educational game tools (APE) that the school had were only used. This can be seen during the children's breaks at the TK A playing swings, slides, rainbow stairs, swivel bowls, and beams only. Whereas TK B only play swings, slides, rainbow ladders, tunnels, compound ladders, beams and geometric pieces. Learning activities also do not use educational games, teachers only use learning media in the form of paper or worksheets. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2021 14:56 | |||||||||
Last Modified: | 19 Nov 2021 14:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8162 |
Actions (login required)
View Item |