Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Widya Cendekia Kota Serang-Banten)

NURI, WASITOH (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Islam Widya Cendekia Kota Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berbicara mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan anak, karena dengan kemampuan berbicara anak mudah untuk bersosialisasi dengan teman dan lingkungannya. Bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran di sentra bermain peran dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Islam Widya Cendekia Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi dan pengecekan anggota. Hasil analisis data menyatakan bahwa: 1) kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Islam Widya Cendekia Kota Serang berkembang dengan baik; 2) pelaksanaan pembelajaran sentra bermain peran di TK Islam Widya Cendekia Kota Serang mampu mengembangkan kemampuan berbicara anak; 3) Media pembelajaran sentra bermain peran di TK Islam Widya Cendekia Kota Serang mampu memenuhi kebutuhan anak dalam pengembangan kemampuan berbicara; 4) faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu: 1) guru sentra yang menguasai materi pembelajaran; 2) motivasi diri anak; dan 3) sarana prasarana atau alat media yang menunjang. Faktor penghambat yaitu emosi atau mood anak yang kurang baik atau mudah sekali berubah-rubah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Additional Information: The ability to speak has a very important in the child's life because the ability to speak children is easy to socialize with friends and the environment. This research are design to describe how the implementation of learning in role playing centers develops the speaking ability of children aged 4-5 years at the Widya Cendekia Islamic Kindergarten in Serang City. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. The subjects in this study were children aged 4-5 years totaling 24 children. Techniques for collecting data through observation, field notes, interviews and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusions. Validation is done by extending observations, increasing research perseverance, triangulation and checking members. The results of the data analysis stated that: 1) speaking ability of children aged 4-5 years in the Widya Cendekia Islamic Kindergarten in Serang City developed well; 2) the implementation of learning role playing centers at the Widya Cendekia Islamic Kindergarten in Serang City capable of developing children's speaking skills; 3) Learning media for role playing centers in the Widya Cendekia Islamic Kindergarten in Serang City are able to meet the needs of children in developing speech skills; 4) supporting and inhibiting factors the implementation of learning center role playing in TK Islam Widya Cendekia. Supporting factors are: 1) teacher center who masters learning material; 2) child self motivation; and 3) infrastructure facilities or supporting media tools. Inhibiting factors are emotions or mood of children who are not good or easily change.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:54
Last Modified: 19 Nov 2021 14:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8161

Actions (login required)

View Item View Item