Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH KANANGA MENES

NUZLATUL HASHIFAH, ANINDYA (2019) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH KANANGA MENES. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL ISHLAK KANANGA MENES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Kananga Menes, baik meliputi gambaran nilai pendidikan karakter pada santri, metode pembinaan karakter, maupun faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada santri di pondok pesantren. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu informan dari ustad sebagai tenaga pendidik di pondok pesantren, terdiri dari direktur pengasuhan, pengelola pondok pesantren, guru pendidikan agama Islam, dan santri madrasah aliyah. Data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari informan baik berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan jenis wawancara semi standar (semistandardizerd interview), yaitu dengan wawancara tidak terstruktur tetapi masih dalam fokus penelitian yang dituju, hanya saja bahasa yang digunakan tidak baku dan tidak terfokus dengan pedoman wawancara. Temuan penelitian dianalisis menggunakan Teori Peter. L Berger, yaitu Kontruksi Sosial terdapat dua karakteristik pokok Realitas Subjektif dan Objektif. Realitas Subjektif berupa pengetahuan individu dikonstruksi melalui proses internalisasi (pengetahuan) dan melibatkan proses eksternalisasi (interaksi sosial). Objektif dimaknai sebagai fakta sosial (rutinitas tndakan). Kedua karakteristik pokok ini sebagai penentu dari hasil penelitian apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya penanaman nilai pendidikan karakter pada santri telah ditanamkan secara baik oleh ustad atau ustadzah dan kiai di pondok pesantren. Meskipun dalam metode pembinaannya belum mencapai pengintegrasian secara seimbang antara unsur kognitif, afektif, dan psikomotorik di dalam pendidikan pondok pesantren karena terdapat beberapa hambatan, sehingga perlu adanya dukungan baik secara moril atau fisik dari seluruh elemen pondok pesantren agar terciptanya output pesantren (santri) sesuai dengan yang diharapkan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisnaadisendjaja, DennyUNSPECIFIED
Thesis advisorAbdul Kudus, WahidUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this study was to find out how planting values of character education in santri at Al-Ishlah Kananga Menes Islamic Boarding School, including the description of the value of character education in santri, character building methods, and supporting and inhibiting factors in instilling character education in santri in Islamic boarding schools . The research method uses a qualitative descriptive method. Sources of data in the study are informants from religious teachers as educators in boarding schools, consisting of director of care, management of Islamic boarding schools, Islamic religious education teachers, and Islamic students. The data in this study were obtained directly from the informants in the form of observations, interviews, documentation, and observations. Data collection techniques in this study used a semi-standard interview type (semistandardd interview), namely with unstructured interviews but still in the focus of the intended research, only the language used was not standardized and was not focused on interview guidelines. The research findings were analyzed using Peter's Theory. L Berger, namely Social Construction there are two main characteristics of Subjective and Objective Realities. Subjective reality in the form of individual knowledge is constructed through the process of internalization (knowledge) and involves the process of externalization (social interaction). Objectives are interpreted as social facts (action routines). These two main characteristics are determinants of the results of the research whether it is in line with what is expected or not. Based on the results of the study it can be concluded that the effort to cultivate the value of character education in santri has been well implanted by clerics or clerics and clerics in Islamic boarding schools. Although in the guiding method has not yet achieved balanced integration between cognitive, affective, and psychomotor elements in Islamic boarding school education because there are several obstacles, so it is necessary to support both morally or physically from all elements of the boarding school in order to create the output of pesantren (santri) in accordance with the expected Islamic boarding school.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:44
Last Modified: 19 Nov 2021 14:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item View Item