Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS (Pengembangan Video Pembelajaran di Kelas VI SD Negeri Panancangan 2 Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten Tahun Ajaran 2017-2018)

Riyanto, Muhammad (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS (Pengembangan Video Pembelajaran di Kelas VI SD Negeri Panancangan 2 Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten Tahun Ajaran 2017-2018). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research aims to develop learning video based on videoscribe applications in Social Studies on the topics of natural phenomena in the sixth grade and to generate learning video based on videoscribe applications that meet the criteria are eligible implemented in Social Studies on the topics of natural phenomena in the sixth grade. The method used is a method of research and development that is modified from Sugiyono namely the potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, and test products (limited test). This learning video test expert validation conducted by subject matter experts, media experts, and experts in education. After validation test by a team of experts, the test product (limited test) with the subject of research is VI grade student of class A Panancangan SDN 2 with 43 students is performed. The test results of matter experts indicate that this learning video is obtained an average value of 82.85% with a very decent category. The test results of media expert indicate that this learning video is obtained an average value of 88.34% with a very decent category. The test results of education experts that this learning video is obtained an average value of 85.83% with a very decent category. The results of product testing (limited test) obtain an average value of 90.52% with a very good category. Based on the results of this study concluded that learning video based on videoscibe applications developed on the sixth grade elementary school learners is very decent for use in teaching Social Studies on the topics of natural phenomena that occurred in Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorSubhan pamungkas, AanUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis aplikasi videoscribe pada mata pelajaran IPS dengan materi gejala alam di kelas VI dan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis aplikasi videoscribe yang memenuhi kriteria layak diimplementasikan pada mata pelajaran IPS materi gejala alam di kelas VI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari Sugiyono yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk (ujicoba terbatas). Video pembelajaran ini dilakukan uji validasi ahli yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pendidikan. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan ujicoba produk (ujicoba terbatas) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI A SDN Panancangan 2 dengan jumlah 43 peserta didik. Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa video pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,85% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli media menunjukkan video pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,34% dengan kategori sangat layak. Hasil uji ahli pendidikan menunjukkan video pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,83% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba produk (ujicoba terbatas) memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,52% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis aplikasi videoscibe yang dikembangkan pada peserta didik kelas VI SD sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi gejala alam yang terjadi di Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:37
Last Modified: 19 Nov 2021 14:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8154

Actions (login required)

View Item View Item