Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS SPARKOL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN KELAS III SEKOLAH DASAR DI SDN PANDEGLANG 1 (Penelitian Pengembangan R&D)

Fergy Lestarie, Ayu (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS SPARKOL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN KELAS III SEKOLAH DASAR DI SDN PANDEGLANG 1 (Penelitian Pengembangan R&D). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS SPARKOL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN KELAS .PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This study aims to describe the steps in making Sparkol Video in the natural and artificial environment in Grade 3 Primary School, to know the extent of validity of sparkol-based video multimedia developed and to know the increasing of student's motivation to sparkol video-based multimedia. This research was conducted in SDN Pandeglang 1 with research subjects of third grade students of 37 students. The type of research used R&D (Research and Development) research design. This model consists of 4 stages; : define, design, development and desiminate. Instruments used in the form of questionnaires for media validation by expert lecturers as well as teachers and students' motivation observation sheets. Based on data analysis can be concluded the quality of sparkol-based video multimedia developed included in very decent category with 80% percentage from 2 media expert, 95.66% from material expert, and 85,38% from linguist. Student motivation to sparkol video-based multimedia with 37 respondents equal to 92.83% with very good category

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan dalam membuat Video Sparkol pada lingkungan alam dan buatan di kelas III Sekolah Dasar, untuk mengetahui tingkat validitas multimedia berbasis video sparkol yang dikembangkan dan untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar siswa terhadap multimedia berbasis video sparkol. Penelitian ini dilakukan di SDN Pandeglang 1 dengan subjek penelitian siswa kelas III sejumlah 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) . Model yang digunakan yaitu 4D (four-D) yang terdiri dari 4 tahap; : pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan Uji Coba (desiminate) .Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli serta guru dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas multimedia berbasis video sparkol yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 80% dari 2 ahli media, 95.66% dari ahli materi, dan 85,38% dari ahli bahasa. Motivasi belajar siswa terhadap multimedia berbasis video sparkol dengan 37 responden sebesar 92.83% dengan kategori sangat baik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:33
Last Modified: 19 Nov 2021 14:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item View Item