Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MODUL EKOLOGI BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KASEPUHAN CISUNGSANG MELALUI PEMANFAATAN EKOSISTEM UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA KELAS X

Nurendah, Nenden (2018) PENGEMBANGAN MODUL EKOLOGI BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KASEPUHAN CISUNGSANG MELALUI PEMANFAATAN EKOSISTEM UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN MODUL EKOLOGI BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KASEPUHAN CISUNGSANG MELALUI PEMANFAATAN EKOSISTEM UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA-MA KELAS X.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

This research aimed to develop an ecological module based on local wisdom of Kasepuhan Cisungsang society through the use of ecosystem for 10 grade senior high school student. Local Wisdom of Kasepuhan Cisungsang society is a traditional ecosystem management as an effort of concervation that can be applied for teaching materials. The method used in this research is R & D (Research and Development) with 3D model (define, design and develop). In the define stage, researcher was analysing of teaching materials needs, curriculum of 2013, and material that would be the material for designing the modules at the design stage and then the module developed at the develop stage based on expert assessment. The result of this research is a compilled module with the insight of local wisdom. The module assessment in the material aspect is 96.3% and in the media aspect is 96% with the category is very suitable to be used as teaching material of SMA class X on ecology concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahman, AdityaUNSPECIFIED
Thesis advisorEkanara, BambangUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ekologi berwawasan kearifan lokal masyarakat Kasepuhan Cisungsang melalui pemanfatan ekosistem untuk SMA/MA kelas X. Kearifan Lokal Masyarakat Kasepuhan Cisungsang adalah adanya pengelolaan ekosistem secara tradisional sebagai upaya konservasi yang dapat diterapkan melalui bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model 3D (define, design dan develop). Pada tahap define, peneliti melakukan analisis kebutuhan bahan ajar, analisis kurikulum 2013, dan analisis konsep yang menjadi bahan untuk merancang modul pada tahap design. Selanjutnya modul dikembangkan pada tahap develop berdasarkan penilaian uji ahli. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya sebuah modul berwawasan kearifan lokal dengan penilaian modul pada aspek materi sebesar 96,3% dan pada aspek media sebesar 96% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa SMA kelas X pada konsep ekologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 14:25
Last Modified: 19 Nov 2021 14:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item