Hanjani, Risma Pri and Rosmilawati, Ila and Darmawan, Dadan Model Pembelajaran Reflektif Oleh Tutor Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Di PKBM Insan Madani. Prosiding Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.
Text
Prosiding Semnas UM.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
Abstract
Model pembelajaran reflektif adalah proses pembelajaran dengan berfikir reflektif. Dalam model pembelajaran reflektif peserta didik dituntut aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman para tutor PKBM Insan Madani tentang model pembelajaran reflektif, penerapan model pembelajaran reflektif yang dilakukan tutor didalam kelas, dan kontribusi model pembelajaran reflektif untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik pendidikan kesetaraan di PKBM Insan Madani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor PKBM Insan Madani memiliki pemahaman tentang model pembelajaran reflektif. Dalam penerapan model pembelajaran reflektif tutor melaksanakan kegiatan pendahuluan, diskusi, refleksi dan penutup. Model pembelajaran reflektif dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik, dimana peserta didik memiliki daya serap yang cukup baik dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
Depositing User: | Ph.D Ila Rosmilawati |
Date Deposited: | 08 May 2024 15:34 |
Last Modified: | 08 May 2024 15:34 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8098 |
Actions (login required)
View Item |