Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS MODEL PROBING-PROMTING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V ( Penelitian Research and Development Pada Siswa Kelas V Ciruas 1 Ciruas Kabupaten Serang)

Andriani, Imas (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS MODEL PROBING-PROMTING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V ( Penelitian Research and Development Pada Siswa Kelas V Ciruas 1 Ciruas Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS MODEL PROBING-PROMTING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This research aims to develop an interesting media by combining learning media with the game. Developing media was done by developing the media itself. This Research and Development (R&D) method. The resulting media is a monopoly game media based on probing-promting model used in the way of its use. This research was conducted in SDN 1 Ciruas with research subjects of 5 graders of 33 students. Researcher use the type of research which is used refers Borg and Gall development model that has been in the modifications by Sugiyono. Development „procedure are used 6 of 10 stages. This media feasibility test is performed expert test validation. Expert validation tests are performed by media design experts, field experts, and educational experts. Based on data analysis, the developed monopoly game media included in the criteria is very reasonable with the average percentage of expert validation 87.94% obtained from 3 experts. The average value of the percentage of student response is 91.10% and is included in the criteria very well. So it can be concluded that the monopoly game media is feasible and can be used.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media yang menarik dengan cara menggabungkan media pelajaran dengan permaianan. Untuk mengembangkan media tersebut, maka dilakukan pengembangan media. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh & Development (R&D). Media yang dihasilkan yaitu media permainan monopoli yang berbasis model probingpromting yang digunakan dalam cara penggunaanya. Untuk Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Ciruas dengan subjek penelitian siswa kelas V sejumlah 33 siswa. Peneliti menggunakan jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugioyono. Prosedur pengembangan yang digunakan 6 dari 10 tahapan. Untuk menguji kelayakan media ini, dilakukan uji validasi ahli. Uji validasi ahli dilakukan oleh ahli desain media, ahli bidang studi, dan ahli pendidikan. Berdasarkan analisis data, media permainan monopoli yang dikembangkan termasuk dalam kritria “sangat layak” dengan nilai rata-rata persentase validasi ahli 87,94 % yang diperoleh dari 3 ahli. Nilai rata-rata persentase respon siswa sebesar 91,10% dan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permianan monopoli ini layak dan dapat digunakan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 11:44
Last Modified: 19 Nov 2021 11:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item