Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Faza Zulfa, Arina (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS 3 SEKOLAH DASAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

This study aims to find out how to develop computer-based learning media local wisdom in Indonesian language lessons in class III elementary school and to see the feasibility of snake ladder learning media products based on local wisdom in the eyes of Indonesian language lessons in class III elementary school that is being developed worthy of expert. This study was conducted in Karang Tumaritis Elementary School with research subjects in class III with 20 students in limited trials. The type of research used in the development research (Research and Development) of Borg and Gall which issued from Sugiyono consisted of 6 stages. The instrument used was a questionnaire for expert validation and student response. The result of the shielding test by experts on the quality of the media that can be used in very large calculations is 88%. The results of the limited trial on students towards the media really correspond to the percentage of 93.33%. The results of the study can be concluded that the media developed are very effective in the process of learning Indonesian.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorsyachruroji, syachrurojiUNSPECIFIED
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar yang dikembangkan mendapatkan penilaian layak dari ahli. Penelitian ini dilakukan di SDN Karang Tumaritis dengan subjek penelitian dikelas III dengan 20 siswa pada uji coba terbatas. Jenis penelitian yang digunakan pada metode penelitian pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono terdiri 6 tahapan. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi ahli dan respon siswa. Hasil uji valdisai oleh para ahli terhadap kualitas media ular tangga yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase penilaian sebesar 88%. Hasil uji coba terbatas pada siswa terhadap media ular tangga mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase penilaian sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media ular tangga yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Nov 2021 11:36
Last Modified: 19 Nov 2021 11:36
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8077

Actions (login required)

View Item View Item