Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH IKLAN, HARGA DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)

PRATIWI, DANIA (2017) PENGARUH IKLAN, HARGA DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (DANIA PRATIWI - KOM 2017)
PENGARUH IKLAN, HARGA DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dania Pratiwi. NIM.6662121842. Skripsi.Pengaruh Iklan, Harga dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone. Pembimbing I : Dr. Ing. Rangga Galura Gumelar, M.Si. dan Pembimbing II : Teguh Iman Prasetya. SE, M.Si. Penjualan iPhone setiap tahunnya selalu meningkat, terbukti dari data IDC bahwa penjulanan iPhone di Indonesia menduduki peringkat ke dua yakni Apple berhasil penjual smartphone iPhone sebanyak 74.8 unit setiap tahunnya, artinya pengguna iPhone sangatlah banyak di Negara Indonesia. Tentunya semua itu atas kerja keras perusahaan Apple yang selalu berusaha memasarkan produk iPhone dangan baik dan selalu menyusun strategi untuk membuat masyarakat terus percaya dan menyukai smartphoene iPhone misalnya dengan memasang iklan di televisi ataupun internet, dengan menentukan harga sesuai dengan kecanggihan smartphonenya dengan begitu citra merk iPhone kini sudah sangat baik di pikiran masyarkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh iklan, harga dan citra merk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Jenis penelitian bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan menyebar kuisioner kepada 93 responden di kalangan mahasiswa fakultas Hukum. Dari analisis korelasi, antara variabel iklan, harga dan citra merk memiliki hubungan yang sedang dan citra merk yang kuat. Setelah dilakukan uji regresi berganda dihasilkan persamaan Y = 15.235 + 0.213X1 + 0.187X2 + 0.504X3 dengan hasil uji T secara simultan mempunyai nilai fhitung lebih besar dari ftabel yakni 5.564>1.986 dan hasil uji F secara simultan mempunyai nilai fhitung lebih besar dari ftabel yakni 29.397>2.71 dengan hasil koefisien determinasi 49.7% yang menandakan bahwa keputusan pembelian smartphone iPhone dipengaruhi oleh iklan, harga dan citra merk, sementara sisanya sebesar 50.3% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan variabel citra merk lebih mendominasi mempengaruhi keputusan pembelian dibandingkan dengan iklan dan harga. Kata Kunci : Iklan, Harga, Citra Merk, Keputusan Pembelian, iPhone

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Dania Pratiwi. NIM. 6662121842. Thesis. The Influence of Advertising, Price and Brand Image on the Purchasing Decision of iPhone Smartphone. Supervisor I: Dr. Ing. Rangga Galura Gumelar, M.Si. and Supervisor II: Teguh Iman Prasetya. SE, M.Si. IPhone sales is always increasing every year. It is evidenced by IDC's data stated that iPhone sales in Indonesia is occupied as the second rank sales which is managed to sell iPhone smartphones for 74.8 units per year. It means that iPhone user is very big in Indonesia. Of course, all of this record is reached because of the hard work of Apple that always tries to market iPhone product as good as possible and always arranges the strategy to make people continue to trust and love iPhone smartphone. For instance by advertising on the television or the Internet, and by giving price as their advanced technology make iPhone has very good image in society. The purpose of this study was to measure the influence of advertising, pricing and brand image of the iPhone smartphone toward the purchasing decision. This type of research is explanatory research with quantitative approach. The method used is survey using the questionnaires to 93 respondents among students of the faculty of Law. From the analysis of correlation between the variables of advertising, pricing and brand image, It has a moderate relationship and strong brand image. After doing multiple regression test, it has equation of Y = 15 235 + 0.213X1 + 0.187X2 + 0.504X3 with simultaneously T test result, which has F Count value greater than the F table (5,564> 1,986). On the other hand, with the simultaneously F test result, which has F count value greater than F table (29 397 F > 2.71). As the result, they have the determination coefficient of 49.7%. It indicates that the purchasing decisions of iPhone smartphone are influenced by advertising, price and brand image, while the remaining of 50.3% is influenced by other factors. This study concluded that the influence of brand image variable is more dominant than advertising and pricing related to purchasing decisions. Keywords: Advertising, Price, Brand Image, Purchasing Decision, iPhone
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 05 Apr 2017 08:21
Last Modified: 05 Apr 2017 08:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item