Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KREATIF WEB SERIES JALAN – JALAN MEN DALAM MENGEMAS KONTEN BUDAYA INDONESIA

Pratiwi, Diah Fitri (2016) STRATEGI KREATIF WEB SERIES JALAN – JALAN MEN DALAM MENGEMAS KONTEN BUDAYA INDONESIA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Diah Fitri Pratiwi - 2016)
STRATEGI KREATIF WEB SERIES JALAN JALAN MEN DALAM MENGEMAS KONTEN BUDAYA INDONESIA - Copy.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Diah Fitri Pratiwi. NIM. 6662121814. Skripsi. Strategi Kreatif Web Series Jalan – Jalan Men dalam Mengemas Konten Budaya Indonesia. Pembimbing I: Iman Mukhroman, M.Si dan Pembimbing II: Puspita Asri Praceka, M.Ikom. Setiap individu membutuhkan informasi guna menambah wawasan. Informasi biasanya diperoleh melalui berbagai media massa. Salah satunya yakni Internet, saat ini sebagai media massa yang paling banyak diminati dibanding koran, radio, dan televisi. Youtube adalah salah satu media yang memakai jaringan internet dalam menyediakan jutaan video. Youtube menjadi pusat hiburan dunia maya. Para penggiat Youtube untuk menjadi semakin kreatif dalam meningkatkan segi konten maupun kualitas video. Salah satu video yang terdapat di Youtube yaitu Jalan – Jalan Men. Jalan – Jalan Men menawarkan pengalaman baru mengenai ekspedisi dari berbagai lokasi wisata, terutama di Indonesia. Dikemas dengan gaya kasual dan santai, travel web series ini berusaha menggerakan minat masyarakat untuk mengeksplor indahnya Indonesia serta budaya yang ada didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif web series Jalan – Jalan Men, untuk mengetahui cara web series Jalan – Jalan Men mencerminkan dan mengekspresikan budaya Indonesia, dan untuk mengetahui web series Jalan – Jalan Men dalam mencerminkan tuntutan budaya populer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post positivisme. Teknik analisis yang digunakan adalah melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pernarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan untuk membahas hasil analisis adalah teori Media Normatif. Metode wawancara ditempuh untuk melengkapi data dan memperkuat analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengemasan konten budaya Indonesia yang dilakukan Jalan – Jalan Men dalam mencerminkan dan mengeksplorasi budaya Indonesia dengan menggunakan elemen – elemen strategi kreatif program acara serta memperhatikan kreatifitas, originalitas dan profesionalitas untuk membuat sebuah produksi tayangan yang berkualitas tinggi. Kata kunci : Web Series, Jalan – Jalan Men, Strategi Kreatif, Budaya Indonesia, Internet.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Diah Fitri Pratiwi. NIM. 6662121814. Paper. A Creative Strategy of Jalan –Jalan Men’s Website Series in Pack off Indonesian Culture Content. Advisor I: Iman Mukhroman, M.Si and Advisor II: Puspita Asri Praceka, M.Ikom. Each individual is needed information in order to add insight. Information obtained through various mass media. One of which is the Internet, this time as the mass media most in demand compared to newspapers, radio, and television. Youtube as one of the media who use the Internet to provide millions of videos. YouTube became the entertainment center of the virtual world. The users Youtube are becoming increasingly creative in terms of content and improve video quality. One of the videos contained on Youtube that Jalan – Jalan Men. Jalan – Jalan Men offers a new experience of the expedition from various tourist sites, especially in Indonesia. Packed with casual and relaxed style, Jalan – Jalan Men is moving the public interest to explore the beauty of Indonesia and Indonesian Culture. The purpose of this study is to find creative strategy Jalan – Jalan Men’s web series, to find out how to Jalan – Jalan Men’s web series in the package and explore the Indonesian Culture, and to find a reflection of popular culture at Jalan – Jalan Men’s web series. This study used a qualitative approach with the post posivism paradigm. The analysis technique used is through three stages, data reduction, data presentation, and conclusion. This study uses the Normative Media theory to discuss the results of the analysis. Methods interviews were conducted to complement and strengthen the analysis of data. The results showed that packaging Jalan – Jalan Men content do to reflect and explore the culture of Indonesia using the elements - elements of creative strategy program and attention to creativity, originality and professionalism to create a high-quality web series. Keywords : Web Series, Jalan – Jalan Men, Creative Strategy, Indonesian Culture, Internet
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Mar 2017 02:44
Last Modified: 09 Mar 2017 02:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item