Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

AUDIT KOMUNIKASI PROGRAM KAMPANYE “EARTH HOUR” WORLD WILDLIFE FUND FOR NATURE INDONESIA

JOHARI, EMILIYA (2016) AUDIT KOMUNIKASI PROGRAM KAMPANYE “EARTH HOUR” WORLD WILDLIFE FUND FOR NATURE INDONESIA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (EMILIYA JOHARI - 2016)
FILE 2 (FULL TEXT) AUDIT KOMUNIKASI PROGRAM KAMPANYE EARTH HOUR WWF INDONESIA - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Emiliya Johari.NIM.6662120263.Skripsi. Audit Komunikasi Program Kampanye Earth Hour World Wildlife Fund for Nature- Indonesia. Pembimbing I : Uliviana Restu H., S.Sos., M.Ikom dan Pembimbing II : Andin Nesia, S.IK., M.Ikom Penggunaan energi listrik yang berlebihan merupakan hal yang melatarbelakangi terbentuknya program kampanye Earth Hour, World Wildlife Fund for Nature Indonesia. Program yang diteliti,program yang berjalan dalam kurun 2015 hingga 2016 selama satu tahun. Program kampanye ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penghematan penggunaan energi listrik. Namun berdasarkan data dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), pada tahun 2013 dan 2014 tidak ada perubahan yang signifikan dari penggunaan energi listrik. Untuk itu perlu dilakukan proses evaluasi yang disebut audit komunikasi. Audit komunikasi adalah alat evaluasi untuk program jangka panjang dengan menunjukan kekuatan dan kelemahan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program kampanye Earth Hour WWF-Indonesia, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan tahap preparation, konsep kegiatan program sudah sesuai. Sementara tahap implementations, kegiatan yang dilakukan tidak sesuai dengan perencanaan. Selanjutnya tahap impact ditemukan, belum sesuai dengan tujuan utama program, mengajak masyarakat untuk berkomitmen dalam mematikan lampu yang tidak terpakai selama satu jam. Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan yang mengangkat isu lingkungan diluar isu penggunaan energi listrik, berada pada satu payung dengan kampanye Earth Hour. Sehingga program Earth Hour dinilai perlu adanya perbaikan guna keberhasilan kampanye. Kata Kunci: Audit Komunikasi, Kampanye Earth Hour, WWF Indonesia.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Emiliya Johari.NIM.6662120263.Thesis. Communication Audit Program for Earth Hour World Wildlife Fund for Nature Indonesia Campaign. Pembimbing I : Uliviana Restu H., S.Sos., M.Ikom dan Pembimbing II : Andin Nesia, S.IK., M.Ikom Excessive used of electrical energy is one of reason World Wildlife Fund for Nature of Indonesia Organization established Earth Hour campaign program. The program that be inspected is the program that has been run for a year from 2015 until 2016. The campaign program has a purpose for socialize about efficient use of electrical power to dozen people. However based on Perusahaan Gas Negara (PLN)’s data, on 2013 and 2014 there is no significant difference of electrical use. Because of that we need to evaluated the program that called communication audit. The communication audit is evaluation tool for long term program that showing the strength and the weakness of the program. The purpose of thus research is find out about implementation of Earth Hour campaign program WWF Indonesia, that using qualitative method. The method of data collection that researcher use are interview and documentation. The result of this research show that preparation step, program activity concept is appropriated. While the implementation step show the program activity that WWF Indonesia did is still not appropriated with preparation step. The next step is impact, on this step found that there are not appropriate with the program main goals, which is to persuade and commitee people to switch off the lamp that not used for an hour. This is because there are too much activities that raise about environment issues excluding the electrical energy use issue, under the same roof with Earth Hour. Therefore, Earth Hour program needed to be improve to reach the campaign goals. Keywords : Communication Audit, Earth Hour Campaign, WWF-Indonesia
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Mar 2017 02:35
Last Modified: 09 Mar 2017 02:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item