Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR PADA JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN (Studi Kasus di Kecamatan Kebon Jeruk)

Sukriyandi, Sukriyandi (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR PADA JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN (Studi Kasus di Kecamatan Kebon Jeruk). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Sukriyandi - 2017)
EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR PADA JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURU - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sukriyandi. 6661121409. 2017. Efektivitas Program Kartu Jakarta Pintar Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (Studi Kasus Di Kecamatan Kebon Jeruk. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Dr. Agus Sjafari, M.Si dan Pembimbing II: Gandung Ismanto, S.Sos., MM. Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar untuk pembangunan bangsa. Maju tidaknya suatu bangsa tergantung pada kualitas pendidikan yang ada pada bangsa tersebut. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan pemerataan pendidikan. Pemerataan pendidikan yang dilakukan melibatkan pemerintahan daerah oleh masing-masing daerah otonom, tidak terkecuali Provinsi DKI Jakarta. Program Kartu Jakarta Pintar adalah program unggulan pemerintah DKI Jakarta yang bertujuan untuk mengurangi jumlah anak putus sekolah di Jakarta. Dalam pelaksanaannya, program KJP mengalami beberapa hambatan antara lain penyalahgunaan kartu Jakarta pintar oleh siswa penerima KJP, penerimaan siswa KJP yang belum tepat sasaran, dan lemahnya pengawasan dari pelaksana program KJP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program KJP pada jenjang pendidikan SMA dan SMK di Kecamatan Kebon Jeruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Duncan dengan dimensi pencapaian tujuan, adaptasi, dan integrasi di dalamnya. Dalam dimensi pencapaian tujuan, masih terdapat beberapa kekurangan yaitu pembelanjaan dana KJP yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan sasaran penerima KJP yang belum memenuhi kriteria keluarga kurang mampu. Dalam dimensi integrasi, proses sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan oleh pelaksana program KJP sudah baik tetapi masih kurang dalam indikator pengawasan. Dalam dimensi adaptasi, terdapat masyarakat yang mendukung program KJP dan masyarakat yang menghambat program KJP. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan program KJP pada jenjang pendidikan SMA dan SMK di Kecamatan Kebon Jeruk masih kurang efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Pendidikan, Kartu Jakarta Pintar.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Sukriyandi. 6661121409. 2017. Effectiveness Program Jakarta Smart Card By Education High School Level and SMK (A Study Case of the Kebon Jeruk District). Department of Public Administration. Faculty of Social and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. 1st Supervisor: Dr. Agus Sjafari, M.Si and 2nd Supervisor: Gandung Ismanto, S.Sos., MM. Education is a fundamental requirement for the development of the nation. Forward failure of a nation depends on the quality of education that exist in the nation. One way to improve the quality of education in Indonesia was the equalization of education. Distribution of education is carried out involving local governments by their respective autonomous regions, not least of Jakarta. Jakarta Smart Card program is a flagship program of the Jakarta government aimed at reducing the dropout rate in Jakarta. In practice, the KJP program encountered some resistance include Jakarta smart card misuse by students who received the KJP, admissions KJP is not on target, and weak oversight of program implementers KJP. The purpose of this study was to examine the effectiveness of KJP program on high school and vocational education in the Kebon Jeruk District. The method used in this research is qualitative descriptive. The analysis in this study uses the theory proposed by Duncan with dimensions of goal attainment, adaptation and integration in it. In the dimension of goal achievement, there are still some shortcomings that expenditures of funds KJP are not in accordance with students' needs and goals KJP recipients who do not meet the criteria of underprivileged families. In the dimension of integration, the process of socialization and coordination in implementing the KJP program has been good but still lacking in supervision indicators. In the dimension of adaptation, there are people who support the KJP and community programs that inhibit KJP program. Results from this study is the management of KJP program on high school and vocational education in the Kebon Jeruk District has not been effective. Keywords : Effectiveness, Education, Jakarta Smart Card.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:54
Last Modified: 07 Mar 2017 08:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item