Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN KOMPUTER PROGRAM MICROSOFT OFFICE WORD 2010 DI LKP BE MASTER COURSE PANDEGLANG BANTEN

SELMA DWIPAYANI, SITI (2017) UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN KOMPUTER PROGRAM MICROSOFT OFFICE WORD 2010 DI LKP BE MASTER COURSE PANDEGLANG BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN KOMPUTER PROGRAM MICROS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Upaya tutor dalam meningkatkan kemampuan warga belajar melalui pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten (2) Hasil pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 pada warga belajar di LKP Be Master Course Pandeglang Banten (3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan warga belajar pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang upaya tutor dalam meningkatkan kemampuan warga belajar melalui pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Studi dokumentasi dan (4) Studi Literatur yaitu pengamatan, pencatatan, dan mengumpulkan datadata serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun tahap pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap member check. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian yaitu pimpinan, tutor dan warga belajar pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut: 1. Upaya Tutor dalam Meningkatkan Kemampuan Warga Belajar melalui Pelatihan Komputer Program Microsoft Office Word 2010 adalah a) Perencanaan, b)Pelaksanaan, c) Pengawasan, d) Evaluasi, 2. a) Faktor pendukung: 1) Kesiapan tutor untuk melaksanakan pembelajaran dan menyiapkan kondisi pembelajaran yang nyaman. 2) Tutor yang berkompeten, 3) Sarana dan prasarana yang lengkap, 4) pengawasan yang rutin dalam pelatihan komputer, 5) Tutor membuat soal evaluasi formatif dan sumatif sesuai dengan materi yang telah dipelajari. b) Faktor penghambat: 1) Kurangnya alokasi waktu, 2) Kurangnya jumlah tutor, 3) Sarana perangkat komputer Program Microsoft Office Word 2010, 4) Warga belajar yang kurang serius mengikuti evaluasi pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorArdie, RomliUNSPECIFIED
Thesis advisorHaila, HidayatullahUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Upaya tutor dalam meningkatkan kemampuan warga belajar melalui pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten (2) Hasil pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 pada warga belajar di LKP Be Master Course Pandeglang Banten (3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan warga belajar pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang upaya tutor dalam meningkatkan kemampuan warga belajar melalui pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Studi dokumentasi dan (4) Studi Literatur yaitu pengamatan, pencatatan, dan mengumpulkan datadata serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun tahap pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap member check. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian yaitu pimpinan, tutor dan warga belajar pelatihan komputer Program Microsoft Office Word 2010 di LKP Be Master Course Pandeglang Banten. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut: 1. Upaya Tutor dalam Meningkatkan Kemampuan Warga Belajar melalui Pelatihan Komputer Program Microsoft Office Word 2010 adalah a) Perencanaan, b)Pelaksanaan, c) Pengawasan, d) Evaluasi, 2. a) Faktor pendukung: 1) Kesiapan tutor untuk melaksanakan pembelajaran dan menyiapkan kondisi pembelajaran yang nyaman. 2) Tutor yang berkompeten, 3) Sarana dan prasarana yang lengkap, 4) pengawasan yang rutin dalam pelatihan komputer, 5) Tutor membuat soal evaluasi formatif dan sumatif sesuai dengan materi yang telah dipelajari. b) Faktor penghambat: 1) Kurangnya alokasi waktu, 2) Kurangnya jumlah tutor, 3) Sarana perangkat komputer Program Microsoft Office Word 2010, 4) Warga belajar yang kurang serius mengikuti evaluasi pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Nov 2021 11:27
Last Modified: 18 Nov 2021 11:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7787

Actions (login required)

View Item View Item