Febriyani, Genta (2017) “UPAYA PENDAMPINGAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN GERAK MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK DI KELOMPOK BERMAIN PERINTIS SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
UPAYA PENDAMPINGAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN GERAK MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK DI KELOMPOK.PDF Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi upaya pendamping dalam melakukan pendampingan peserta didik cenderung kurang menyenangkan dan kurang berinteraksi dengan peserta didik sehingga mempengaruhi tumbuhkembang gerak motorik halus peserta didik. Upaya pendampingan peserta didik menjadi tumpuan dalam peningkatan gerak motorik halus peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (2) Bagaimana perkembangan motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (2) untuk mengetahui perkembangan motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data 2 pendamping dan 1 kepala sekolah. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang (1) upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus meliputi (a) Membimbing, membantu, mengarahkan peserta didik untuk belajar mengenal diri dan lingkungannya; (b) Membimbing dan membantu peserta didik meningkatkan kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal; (c) Memperkenalkan nama-nama benda di sekelilingnya; (d) memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang agama dan akhlak mulia; (e) membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan fisik, intelektual, psikologis, dan sosialnya. (2) perkembangan motorik halus peserta didik dikelompok bermain perintis SKB Kota Serang meliputi (a) Mampu memfungsikan otot-otot kecil; (b) Mampu mengkoordinasikan kecepatan tangan dengan mata; (c) Mampu mengendalikan emosi. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat meliputi faktor internal (a) Daya Dukung Sarana dan Prasarana; (b) Motivasi Pendamping; (c) Komunikasi Pendamping; (d) Kepedulian Pendamping; sedangkan faktor eksternal (a) Lingkungan Keluarga; (b) Lingkungan Lembaga; (c) Kebijakan Pemerintah Daerah.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilator belakangi upaya pendamping dalam melakukan pendampingan peserta didik cenderung kurang menyenangkan dan kurang berinteraksi dengan peserta didik sehingga mempengaruhi tumbuhkembang gerak motorik halus peserta didik. Upaya pendampingan peserta didik menjadi tumpuan dalam peningkatan gerak motorik halus peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (2) Bagaimana perkembangan motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (2) untuk mengetahui perkembangan motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang; (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus peserta didik di Kelompok Bermain Perintis SKB Kota Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data 2 pendamping dan 1 kepala sekolah. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang (1) upaya pendampingan peserta didik dalam meningkatkan gerak motorik halus meliputi (a) Membimbing, membantu, mengarahkan peserta didik untuk belajar mengenal diri dan lingkungannya; (b) Membimbing dan membantu peserta didik meningkatkan kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal; (c) Memperkenalkan nama-nama benda di sekelilingnya; (d) memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang agama dan akhlak mulia; (e) membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan fisik, intelektual, psikologis, dan sosialnya. (2) perkembangan motorik halus peserta didik dikelompok bermain perintis SKB Kota Serang meliputi (a) Mampu memfungsikan otot-otot kecil; (b) Mampu mengkoordinasikan kecepatan tangan dengan mata; (c) Mampu mengendalikan emosi. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat meliputi faktor internal (a) Daya Dukung Sarana dan Prasarana; (b) Motivasi Pendamping; (c) Komunikasi Pendamping; (d) Kepedulian Pendamping; sedangkan faktor eksternal (a) Lingkungan Keluarga; (b) Lingkungan Lembaga; (c) Kebijakan Pemerintah Daerah. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2021 11:24 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2021 11:24 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
View Item |